Hukum Bermake up Dalam Islam

Hukum Bermake up Dalam Islam

Bermake-Up adalah hal yang dekat dengan aktivitas seorang perempuan namun sebagai seorang muslimah kita wajib mengetahui hukum bermake-up yang sesuai ajaran islam karena sejatinya setiap aktivitas mesti bernilai ibadah dihadapan Allah sehingga aktivitas kita menghadirkan Ridha Allah yang dimana itu merupakan tujuan hidup sebagai seotang muslimah sejati.

Ada firman Allah yang menyatakan

”Hendaklah kalian (para wanita) tetap di rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj dan seperti tabarruj orang-orang Jahiliyah yang dahulu…” (QS. Al-Ahzab: 33)
Tabarruj artinya menyingkap dan menampakkan diri sehingga terlihat pandangan mata. Contohnya kata: ’buruj musyayyadah’ (benteng tinggi yang kokoh), atau kata: ’buruj sama’ (bintang langit), artinya tidak penghalang apapun di bawahnya yang menutupinya. (Tafsir al-Qurthubi, 12/309).

Nah jangan sampai kita termasuk muslimah yang bertabarruj bisa diartikan menampakan telalu mencolok perhiasan yang semestinya tidak ditampakan

Lalu bagaimana dengan bermake up? Apakah seorang muslimah dibolehkan bermake up? Sebelum menjawabnya mari kita simak terlebih dahulu Firman Allah di bawah ini

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raf: 26).

 Hadits Ahmad Nomor 16574

surga, ” (Abu Raihanah Radliyallahu’anhu) berkata; lalu ada seseorang yang berkata; “Wahai Rasulullah, sesungguhnya…saya senang berhias diri dengan cemeti yang pernah dihadiahkan kepadaku dan tali-temali sandalku.”…Lalu Nabi Shallallahu’alaihiwasallam bersabda: “Kalau yang itu bukan termasuk kesombongan….Sesungguhnya Allah Azzawajalla indah menyukai keindahan….Sesungguhnya kesombongan itu siapa yang tidak mau tahu terhadap kebenaran dan meremehkan manusia…

Hadits Ahmad Nomor 16575

lalu ada seseorang yang berkata; “Wahai Nabiyullah, saya senang berdandan dengan dua tali cemetiku dan…Lalu Nabi Shallallahu’alaihiwasallam bersabda: “Itu bukan termasuk kesombongan, sesungguhnya Allah Azzawajalla…Maha indah dan menyukai keindahan….Sesungguhnya kesombongan itu siapa saja yang tidak mau tahu terhadap kebenaran dan meremehkan manusia…Redaksi hablan maksudnya tali cemeti dan tali sandal.  

Dari Pemaparan Ayat dan hadist diatas dapat disimpulkan bahwa Allah sangat menyukai keindahan bermake up pun adalah bagian keindahan maka seorang muslimah boleh bermake up asalkan tidak melanggar ketentuan yang Allah gariskan.

Berikut tips bermakeup sesuai syariah islam

  1. Tidak berlebihan

Merujuk pada sebuah ayat alquran bahwa allah tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan maka dalam ber make up pun sebagai seorang muslimah yang taat mesti menghindari make up yang berlebihan.

Berikanlah kerabat dekat, orang miskin dan ibnu sabil hak mereka. dan jangan sekali-sekali bersikap tabdzir (Berlebihan), sesungguhnya orang yang suka bersikap tabdzir (mubazir) adalah teman setan.” (QS. al-Isra’: 26 – 27).

  1. Tidak merubah ciptaan Allah salah satunya mencukur alis

Allah melaknat orang yang mentato dan yang minta ditato. Allah pula melaknat orang yang mencabut rambut wajah dan yang meminta dicabut.” (HR. Muslim no. 2125)

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat wanita yang menghilangkan bulu alis dan yang meminta dihilangkan bulu alisnya.” (HR. Abu Dawud, dan terdapat hadits pendukung yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari & Muslim)

Dari hadish shahih tersebut di nyatakan bahwa sebagai seorang muslim kita sangat di larang mencabut atau mencukur alis wajah kita karena jika kita melakukanya akan mengundang laknat dari Allah SWT. Mecukur alis termasuk dalam kategori merubah ciptaan Allah maka mencerminkan sikap tidak bersyukur atas apa yang Allah berikan apapun bentuk alis kita tebal atau tipis berantakan atau tidak mesti disyukuri dan tidak boleh dirubah dan kebanyakan makeup non muslim melakukan hal tersebut dan janganlah sampai kita melakukan hal yang sama karena alhamdulilah saat ini sudah banyak trik make up merapihkan alis tanpa harus mecukur dan merubah bentuk aslinya

  1. Pastikan produk make up yang kita pakai memiliki label halal

Halal bagi seorang muslim muslimah adalah sebuah life style karena Allah pun memerintahkan kita untuk senantiasa memilih segala sesuatu itu mesti halal dan toyib, begitu pula dalam bermake up mestilah kita memilih produk yang sudah terjamin kehalalan nya dengan memastikan label halal telah tertera pada produk yang kita pakai.

  1. Tidak menyerupai orang kafir (tasyabuh)

Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad 2: 50 dan Abu Daud no. 4031)
begitupun dalam bermake up jelas jangan sampai kita bermake up menyerupai gaya bermake up orang kafir karena akan tergolong pada muslimah yang tasyabuh jahiliyah

  1. Tampilkan Make up terbaik dihadapan Pasangan Halal

Sebagian besar kaum muslimah malah menampilkan make up yang paripurna saat hendak bepergian ke luar rumah, akan tatapi saat ia berada di dalam rumah bersama suami ia tampil apa adanya bahkan tidak bermake up dan berdandan sama sekali tentunya ini tidak menjalankan anjuran syariat islam, namun bukan juga diartikan saat keluar rumah kita sama sekali tidak boleh bermake up selama masih dalam ketentuan syariah dan tidak berlebihan maka dibolehkan dengan niatan yang lurus diantaranya:

  1. Memberikan tampilan wajah segar sehingga saat bertemu saudara sesama muslimah akan memberikan kesan positif
  2. Tidak mamakai parfum yang sampai tercium aromanya, boleh memakai parfum asalkan sebatas menetralkan bau karena jika badan kita bau maka teman muslimah yang bersama kita tentunya akan terganggu dan merasa tidak nyaman.
  3. Menjaga kebersihan wajah sehingga wajah kita tidak Nampak kusam dan kucel yang memberikan kesan kurang baik dan tidak indah karena Allah pun sangat menyukai keindahan.
  4. Tidak untuk berniat pamer kecantikan di hadapan kaum adam yang bukan muhrim.

Sekian sharing kali ini semoga bermanfaat buat teman-teman semua khususnya para muslimah yang ingin tampil bermake up namun tetap sesuai syariah islam.

Terimakasih sudah berkunjung ke web sederhana ini

Salam hangat

Sali Saputra ^_~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *