Apa Itu Bisnis Multi Level Marketing

Apa Itu Bisnis Multi Level Marketing

Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Multi Level Marketing?

Multi Level Marketing atau MLM Ketika bicara tentang Bisnis MLM pasti ada sebagian dari teman-teman yang anti, alergi dan bersikap sinis serta langsung berkeinginan mengakhiri atau menyudahi pembicaraan karena menganggap dalam tanda kutip bisnis ini adalah bisnis penipuan.  Namun asalkan teman-teman tau Faktanya, bisnis ini justru semakin berkembang saat ini di Indonesia, ditambah saat ini adalah era modern milenial . Kemajuan teknologi yang semakin modern membuat bisnis networking ini semakin terus melaju kedepan dan berkembang pesat di Indonesia.

MLM mulai popular di indonesia sekitar tahun 2000an. Sejak saat itu ada banyak sekali berbagai bisnis yang menjual dan memasarkan beragam  jenis produknya dengan menggunakan sistem bisnis berjenjang ini di Indonesia. Mulai dari produk obat herbal, kosmetik, fashion, asuransi dan produk yang lainnya.

Lalu sebenarnya apa sih  bisnis MLM itu serta bagaimana perkembangan bisnis tersebut saat ini di Indonesia? Mari kita Simak uraian singkatnya berikut ini.

Sebenarnya, Apa Itu Bisnis MLM?  

Bisnis MLM atau Multi Level Marketing adalah sebuah strategi pemasaran produk dimana member atau tenaga penjual (sales) tidak hanya mendapatkan komisi atas penjualan langsung yang mereka hasilkan, namun juga mereka dapat komisi atas hasil penjualan sales lain yang mereka ajak bergabung (rekrut) membentuk tim penjualan.

Cara Kerja Multi Level Marketing

Biasanya para pelaku bisnis MLM menjual produk mereka secara langsung kepada konsumen. Dan para konsumen ini sebagian besar adalah orang terdekat mereka atau memanfaatkan pemasaran cerita dari mulut-ke-mulut.

Di bisnis multi level marketing ini ada yang namanya up line dan down line. Jadi untuk mengembangkan bisnis jaringan ini, kita harus mengajak orang lain untuk ikut bergabung. Semakin besar bentuk jaringan atau tim penjualan yang di hasilkan, maka akan semakin banyak pula potensi omset penjualan yang dihasilkan dan otomatis semakin besar omset penjualan produk maka semakin besar pula potensi keuntungan yang akan didapatkan.

Namun, teman-teman mesti berhati-hati dalam memilih bisnis ini karena saat ini banyak bisnis tipu-tipu yang berkedok dan mengatas namakan bisnis MLM, padahal sistemnya tidak jelas dan hanya tipuan belaka. Agar teman-teman tidak sampai tertipu dengan bisnis yang seperti itu, berikut ini adalah Tips memilih bisnis MLM yang baik dan aman.

 

Tips Memilih Bisnis MLM yang Baik dan Aman

  1. Memilih Bisnis MLM yang Terdaftar di APLI

APLI merupakan singkatan dari lembaga Asosiasi Penjual Langsung Indonesia. Lembaga ini yang menjadi wadah seluruh perusahaan MLM di indonesia. Di indonesia untuk masalah penjualan langsung, memang belum ada aturan hukum yang jelas. Oleh karena beberapa perusahaan MLM membentuk APLI, supaya ada kode etik dalam menjalankan bisnis ini.

Adanya Lembaga ini juga bertujuan untuk mengurangi penipuan dalam MLM. Perusahaan yang akan mendaftar di APLI, harus memenuhi beberapa persyaratan. Jadi Perusahaan yang bisa terdaftar di APLI tidaklah mudah banyak tahapan-tahapan yang mesti dilalui. Perusahaan yang telah lolos dan terdaftar di APLI maka perusahaan tersebut sudah bisa dipastikan terjamin keamanannya.

  1. Pilih Perusahaan MLM yang Produknya Beragam

Supaya memudahkan kita mendapatkan pelangan produk (downline) atau orang yang ingin membeli produk Anda, alangkah lebih baik kita pilih perusahaan MLM yang menyediakan beragam jenis produk. Dengan begitu kita bisa fariatif dalam menawarkan produk jualan, tak hanya satu atau dua barang saja. Apalagi jika produk yang dijual merupakan barang kebutuhan kita sehari-hari. Misalnya berbagai jenis produk kesehatan, produk kecantikan, dan produk fashion dll.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan kualitas produk yang dijual. Pastikan produk yang dijual memiliki kualitas yang bagus. Sebelum gabung di perusahaan tersebut kita bisa terlebih dahulu mencoba produk yang di jual. Jika kita sudah merasakannya langsung dan ternyata bagus, barulah kita putuskan bergabung ke bisnis MLM tersebut.

  1. Bisnis MLM Harus Memiliki Badan Hukum

Untuk memastikan keamanan dari perusahaan MLM tersebut, kita mesti pastikan bahwa Perusahan tersebut memiliki badan hukum yang jelas. Di indonesia sebuah perusaahaan yang menjalankan sebuah bisnis, harus memiliki badan hukum. Apalagi jika bisnis yang mereka jalankan berskala besar.

Contohnya untuk perusahaan  yang berbadan hukum perseroan terbatas (PT), harus memiliki NPWP dan SIUPL. Hal tersebut bisa kita lihat pada keterangan perusahaan mereka. Dengan adanya badan hukum yang jelas, membuat konsumen yang memakai produk yang kita tawarkan lebih aman.

  1. Adanya Kerja TIM Upline Dan Downline Saling Membantu

Pilih perusahaan MLM, yang terdapat kerja TIM artinya upline dan downlinenya saling membantu, upline mau mengajarkan sistem yang ada di perusahaaan serta mengajarkan sukses bersama-sama. Ada banyak sekali perusahaan MLM, yang melepaskan downlinenya begitu saja tanpa ada kejelasan atau tidak memfasilitasi kebutuhan downline di lapangan.  Pada Akhirnya downline atau para member baru tidak aktif kemudian akhirnya berhenti. Padahal hal tersenit juga akan merugikan uplinenya.

Jadi  kita mesti pastikan perusahaan MLM tersebut tidak hanya menggunakan downline untuk menjual produk tanpa memberikan pelatihan apapun. Tanpa dibina,di bombing serta diajari ilmu marketing dan lainnya. Maka kita harus memilih perusahaaan MLM, yang memiliki sistem bagus dan mau sukses bareng-bareng.

  1. Distributor MLM Memiliki Sistem yang Bagus

Untuk menjalankan bisnisnya, perusahaan MLM membutuhkan perusahaan distributor untuk mengirimkan semua jenis produknya. Ketika perusahan MLM memiiliki distributor yang cukup bagus. tentunya hal tersebut akan mempengaruhi kualitas perusahaan itu sendiri. distributor disini berfungsi untuk mengirimkan barang hingga bisa cepat sampai ke konsumen.

Jika ada kendala di distributor, barang tidak akan sampai pada member dengan cepat dan akhirnya sistem pemasarannya pun terhenti. Pastikan sistem yang mereka gunakan sudah teruji dan berkualitas. Tidak ada masalah didalamnya.

  1. Sistem Adil Untuk Semua Member

MLM memiliki sistem marketing berundak. Jadi ketika downline berhasil menjual barang, upline juga akan mendapatkan keuntungan. Member yang pertama kali gabung tentunya harus berjuang lebih keras, sampai mendapatkan banyak jaringan atau tim penjualan. Ada beberapa jenis mlm yang sistemnya kurang bagus, syarat yang diberikan terlalu memberatkan dan tak masuk akal.

Pastikan perusahaan MLM yang teman-teman pilih memiliki sistem yang adil bagi semua member. Jadi, semua member harus bekerja keras bersama. Tidak hanya donwline saja, tetapi juga upline juga harus bekerja agar bisa berhasil. Upline tidak hanya santai saja duduk manis dan mendapatkan keuntungan dari kerja keras downline.

  1. Harga Produk Masuk Akal

Harga produk menjadi hal penting dalam memilih bisnis MLM. Pastikan mereka memiliki harga produk yang masuk akal. Sehingga bisa diterima oleh semua masyarakat. Tidak hanya dibeli oleh golongan tertentu saja (misal hanya untuk kalangan elit atau kelas atas saja).  Karena hal ini akan memudahkan kita dalam proses pemasaran. Pastikan produk tersebut juga dikenal oleh banyak orang.

Pada Intinya, pilihlah bisnis Multi Level Marketing yang memberikan sistem pemasaran yang masuk akal. Jangan pilih perusahaan yang menjanjikan banyak keuntungan tapi tanpa kerja keras atau tidak menjual produk. Sistem itu bisa dipastikan hanya tipuan belaka. Karena bisnis multi level yang murni pastinya keuntungan yang diperoleh adalah dari hasil penjualan produk atau omset yang dihasilkan. Hal ini pun sesuai dengan ajaran islam bahwa jual beli itu adalah halal termasuk keuntungan yang diperoleh dari hasil jual beli (penjualan produk) juga halal.

 

5 Contoh Bisnis  Multi Level Marketing (MLM) Terbaik yang Direkomendasikan

Sekarang ini banyak sekali MLM terbaru bermunculan di Indonesia. Tapi apakah semuanya menerapkan prinsip bisnis MLM yang baik dan aman kepada para anggotanya? Tentu tidak semua.

Berikut ini adalah Contoh Bisnis Multi Level Marketing dari beberapa perusahaan yang menerapkan sistem MLM pada pemasaran produknya sejak lama, dan hingga saat ini masih tetap eksis di dunia bisnis multilevel marketing Indonesia.dan bisa menjadi rekomendasi Bisnis Multi Level Marketing Terbaik.

  1. MLM Oriflame

Perusahaan Oriflame berdiri tahun 1967 di Negara swedia dan Oriflame mulai masuk di indonesia di bawah naungan PT.Orindo Alam Ayu beroperasi sejak tahun 1986 menjual berbagai ragam produk kecantikan dengan konsep alami dan menggunakan sistem pemasaran MLM. Memiliki fasilitas offline dan online lengkap untuk para membernya sistem order dan pendistribusian online jadi sangat memudahkan di jaman milenial sekarang ini yang serba online bahkan bisa dikerjakan full online dan bagi teman-teman yang menyukai system online dan sedang mencari Bisnis Multi Level Marketing Online Oriflame bisa menjadi rekomendasi

Di Indonesia sendiri ada komunitas pengusaha MLM yang khusus memasarkan produk Oriflame, misalnya dBC Network. Sekarang namanya berubah menjadi NBC (Nad Beauty Community) nad adalah singkatan nama leader sekaligus founder yaitu Nadia Meutia

Website komunitas: www.dbc-network.com

Website perusahaan : www.oriflame.id

  1. MLM K-Link

MLM ini berdiri pada tahun 2002 silam. K-Link adalah bisnis MLM yang memasarkan banyak jenis produk, mulai dari produk kesehatan, produk kecantikan wanita, produk untuk perawatan mobil dan rumah, dan saat ini mengeluarkan produk baru kacamata Ion Nano yang sangat bermanfaat untuk mejaga kesehatan mata di jaman serba online saat ini

Website : www.k-link.co.id

  1. MLM Tupperware

Perusahaan ini fokus menjual produk rumah tangga yang terbuat dari bahan plastik. Uniknya, Tupperware ini menjual produk plastik yang tahan lama, berbeda dengan produk MLM lainnya yang menjual produk habis pakai sehingga akan terjadi pembelian ulang.

Website: www.tupperware.co.id

  1. MLM Sophie Martin

MLM yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1994 silam. Produk yang dijual cukup beragam dan cenderung berhubungan dengan lifestyle orang jaman sekarang. Beberapa produknya seperti fashion, tas,kaca mata, dompet, jam, jacket, dan lainnya.

Website: www.sophiemartinindonesia.com

  1. MLM (HNI) Halal Network Internasional PT. HPAI

PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) adalah salah satu perusahaan Bisnis Halal Network Internasional (HNI) di Indonesia yang fokus pada produk-produk herbal.  HPAI, secara resmi didirikan pada tanggal 19 Maret 2012. HPAI dibangun dari perjuangan panjang yang bertujuan menjayakan produk-produk halal dan berkualitas berazaskan Thibbunnabawi, dan juga bertujuan membumikan, memajukan, dan mengaktualisasikan ekonomi Islam di Indonesia melalui enterpreneurship.

Website: www.hpaindonesia.net

Dan sebenarnya masih banyak lagi MLM yang lainya yang terpecaya. Asalkan kita tau mana yang betul2 MLM baik dan benar mana yang bukan, inti dari MLM adalah meciptakan Omset Penjulalan dalam tim penjualan atau jaringan member maka jika tanpa berjualan produk bisa dapat keuntungan hati-hati ya teman teman bisa jadi itu hanya money game

Sekian sharing kali ini mengenai Bisnis Multi Level Marketing, cara memilih MLM yang baik dan aman yang sangat mudah untuk diterapkan, dan juga beberapa rekomendasi perusahaan MLM yang terpercaya. Semoga setelah membaca artikel ini, teman-teman menjadi tidak salah paham lagi tentang bisnis ini dan tidak akan tertipu dengan bisnis abal-abal yang mengatas namakan sistem MLM.

Salam Hangat

Sali Saputra ^_~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *