Mulai Bisnis Jualan Kue Kering Online yang Menguntungkan dengan Langkah-Langkah Tepat!

Apakah Anda memiliki hobi membuat kue kering dan ingin menjadikannya sebagai bisnis online yang menguntungkan?

Berjualan kue kering online dapat menjadi salah satu alternatif bisnis yang menjanjikan, terutama di era digital saat ini.

Namun, sebelum memulai bisnis jualan kue kering online, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar bisnis Anda dapat berkembang dan bersaing di pasar yang kompetitif.

Persiapan Sebelum Memulai Jualan Online

A. Menentukan Produk Kue Kering yang Akan Dijual

Menentukan produk kue kering yang akan dijual merupakan langkah awal yang sangat penting dalam memulai bisnis jualan kue kering online.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah:

  • Menyesuaikan dengan minat pasar

Mengetahui minat pasar merupakan hal yang penting untuk menentukan jenis kue kering yang akan dijual.

Misalnya, kue kering untuk acara khusus seperti Natal dan Lebaran akan memiliki permintaan yang lebih tinggi pada saat-saat tertentu.

  • Mempertimbangkan jenis kue kering yang tahan lama dan mudah dikirim

Kue kering yang tahan lama dan mudah dikirim akan memudahkan proses pengiriman dan menjaga kualitas produk saat sampai ke tangan pelanggan.

Contohnya, kue nastar atau kue kacang yang biasanya tahan lebih lama.

  • Menawarkan variasi rasa yang menarik

Menawarkan variasi rasa yang menarik akan memperkaya pilihan konsumen dan membuat bisnis Anda lebih menarik dibandingkan dengan pesaing.

Berbagai rasa kue kering yang dapat ditawarkan seperti coklat, keju, kacang, atau buah kering.

Baca juga : 9 Ide Jualan Kue Lebaran Dijamin Laris Manis!

B. Menentukan Harga yang Kompetitif

Menentukan harga yang kompetitif sangat penting untuk menarik minat konsumen.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Menyesuaikan dengan harga pasar

Harga produk kue kering yang ditawarkan harus disesuaikan dengan harga pasar. Melakukan survei harga di pasar online maupun offline akan membantu dalam menentukan harga yang tepat.

  • Mempertimbangkan biaya produksi dan pengiriman

Biaya produksi dan pengiriman harus dipertimbangkan agar tidak merugikan bisnis. Memperhitungkan harga bahan baku, listrik, dan karyawan.

Sementara itu, biaya pengiriman bisa ditanggung oleh pelanggan atau ditanggung oleh bisnis.

  • Menawarkan promo dan diskon untuk menarik pelanggan

Memberikan promo dan diskon akan meningkatkan minat pelanggan. Misalnya, memberikan potongan harga pada saat pembelian pertama atau diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

C. Membuat Branding yang Menarik

Membuat branding yang menarik akan membuat bisnis Anda mudah dikenali oleh konsumen.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Menentukan nama usaha dan tagline yang mudah diingat
Baca Juga :  Tender Care Oriflame untuk Bibir Hitam

Nama usaha dan tagline yang mudah diingat akan memudahkan konsumen dalam mencari bisnis Anda. Misalnya, nama usaha “Kue Kering Bintang” dengan tagline “Rasakan Sensasi Kue Kering yang Berbeda”.

  • Membuat logo dan desain visual yang menarik
  1. Logo dan desain visual yang menarik akan memperkuat identitas bisnis Anda. Desain yang menarik dan mudah dikenali akan membantu Anda untuk memenangkan hati pelanggan.
  2. Menentukan karakter dan nilai yang ingindikomunikasikan
  3. Menentukan karakter dan nilai yang ingin dikomunikasikan akan membantu membedakan bisnis Anda dari pesaing. Misalnya, fokus pada nilai kebersihan, kualitas bahan baku, atau rasa autentik.

D. Menyiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan adalah hal yang penting untuk memastikan kualitas produk yang dihasilkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Membeli bahan baku berkualitas

Bahan baku berkualitas akan mempengaruhi rasa dan kualitas produk kue kering yang dihasilkan. Pilihlah bahan baku yang berkualitas dan fresh agar produk kue kering yang dihasilkan lebih lezat.

  • Memiliki peralatan yang memadai

Peralatan yang memadai akan memudahkan dalam proses pembuatan kue kering. Beberapa peralatan yang diperlukan adalah oven, mixer, loyang, dan alat pengukur.

  • Menjaga kebersihan alat dan bahan

Kebersihan alat dan bahan merupakan hal yang penting untuk menjaga kualitas produk. Pastikan alat dan bahan selalu dalam kondisi bersih dan terjaga kebersihannya.

E. Mempersiapkan Kemasan yang Menarik dan Aman

Mempersiapkan kemasan yang menarik dan aman akan memberikan nilai tambah bagi konsumen. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Memilih kemasan yang aman dan praktis

Kemasan yang aman dan praktis akan memudahkan dalam proses pengiriman dan menjaga kualitas produk saat sampai ke tangan pelanggan. Pilihlah kemasan yang sesuai dengan jenis kue kering yang dijual.

  • Menambahkan label dan informasi produk

Menambahkan label dan informasi produk akan memberikan informasi yang jelas bagi konsumen. Label dan informasi produk yang jelas akan memudahkan konsumen dalam memilih produk yang diinginkan.

  • Menambahkan aksesori tambahan pada kemasan

Menambahkan aksesori tambahan pada kemasan seperti pita dan kartu ucapan akan memberikan nilai tambah bagi konsumen. Hal ini akan memberikan kesan personal dan membuat konsumen merasa dihargai.

Baca juga : 10 Rekomendasi Toko Bahan Kue di Shopee

Membuat Platform Jualan Online

A. Memilih Marketplace atau Membuat Website Sendiri

Memilih marketplace atau membuat website sendiri merupakan pilihan yang harus dipertimbangkan dengan baik dalam membuat platform jualan online.

Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak menyediakan platform jualan online yang sudah terkenal dan memiliki pengguna yang banyak.

Namun, keuntungan yang didapat mungkin harus dibagi dengan pihak marketplace dan terbatas pada fitur yang disediakan.

Sementara itu, membuat website sendiri memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol penuh atas tampilan dan fitur yang disediakan.

Namun, Anda harus memikirkan biaya pembuatan website dan biaya pemeliharaan website yang mungkin lebih besar dibandingkan dengan menggunakan marketplace.

Baca juga : Tips Sukses Jualan Kue Kering di Shopee

B. Mengoptimalkan Media Sosial

Mengoptimalkan media sosial juga merupakan cara yang baik untuk mempromosikan kue kering Anda secara online. Pilihlah media sosial yang paling cocok dengan target pasar Anda, misalnya Instagram atau Facebook.

Baca Juga :  6 Cara Menarik Minat Konsumen untuk Membeli Jaket Online Anda

Buatlah akun media sosial yang profesional dan menarik, dengan konten yang berkualitas dan mengikuti tren terkini.

Selain itu, gunakan fitur-fitur yang disediakan oleh media sosial, seperti Instagram Shopping atau Facebook Marketplace, untuk mempermudah pelanggan dalam memesan produk kue kering Anda.

Meningkatkan Penjualan

A. Mengikuti Trend yang Sedang Populer

Mengikuti trend yang sedang populer dapat membantu meningkatkan penjualan kue kering Anda.

Misalnya, jika sedang musim liburan seperti Natal atau Lebaran, Anda bisa membuat kue kering dengan tema liburan tersebut. Hal ini akan membuat produk Anda lebih menarik bagi konsumen.

B. Menerapkan Promosi yang Menarik

Menerapkan promosi yang menarik akan memperluas jangkauan bisnis Anda dan menarik minat konsumen.

Beberapa promosi yang bisa dilakukan adalah diskon harga, free ongkir, atau pembelian dengan jumlah tertentu akan mendapatkan hadiah menarik. Pastikan promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar dan memperhitungkan keuntungan yang didapat.

C. Memberikan Pelayanan yang Baik

Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen akan membuat mereka lebih percaya dan merasa dihargai.

Pastikan Anda selalu responsif dalam menjawab pertanyaan dan keluhan konsumen. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang ramah dan sopan.

D. Menjaga Kualitas Produk Kue Kering

Menjaga kualitas produk kue kering merupakan faktor yang sangat penting untuk mempertahankan kepercayaan konsumen.

Pastikan produk yang dihasilkan selalu dalam kondisi terbaik dan sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan. Selalu perhatikan kebersihan, kualitas bahan baku, dan teknik pembuatan yang benar untuk menghasilkan produk kue kering yang berkualitas tinggi.

Mengatasi Kendala dalam Berjualan Online

A. Persaingan dengan Penjual Lain

Persaingan dengan penjual lain dalam bisnis online memang sangat ketat. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mencari cara agar produk Anda memiliki nilai tambah yang berbeda dari penjual lain.

Misalnya, Anda dapat menawarkan kue kering dengan rasa yang lebih unik, menggunakan bahan baku yang berkualitas, atau memberikan pelayanan yang lebih baik.

B. Masalah dalam Pengiriman dan Pengiriman

Masalah dalam pengiriman dan pengiriman sering kali menjadi kendala dalam berjualan online. Untuk mengatasi hal ini, pastikan Anda menggunakan jasa pengiriman yang terpercaya dan memiliki layanan pelacakan yang memadai.

Selain itu, perhatikan juga packing produk yang dikirim agar tetap aman selama perjalanan.

C. Masalah dalam Pengelolaan Stok

Pengelolaan stok yang tidak baik dapat menyebabkan hilangnya peluang bisnis dan kerugian finansial. Untuk mengatasi hal ini, pastikan Anda selalu memantau stok kue kering yang tersedia dan melakukan perencanaan produksi dengan baik.

Jangan lupa untuk memperhitungkan waktu produksi, waktu pengiriman, dan waktu penyimpanan produk agar stok selalu terjaga dan tidak terbuang sia-sia.

Kesimpulan

Membuat dan menjual kue kering online memang membutuhkan persiapan yang matang dan kerja keras, namun jika dilakukan dengan benar, bisnis ini dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan persiapan yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis jualan kue kering online, cara membuat platform jualan online yang efektif, serta cara meningkatkan penjualan dan mengatasi kendala dalam berjualan online.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, diharapkan Anda dapat berhasil dalam berjualan kue kering online dan meraih kesuksesan dalam bisnis Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top