5 Cara Membersihkan Helm Bagian Luar: Panduan Praktis

Sebagai pengendara motor, menjaga kebersihan helm Anda adalah salah satu hal yang penting dan tak boleh diabaikan.

Namun, tidak semua orang menyadari betapa pentingnya membersihkan helm bagian luar secara teratur. Helm yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan beberapa masalah yang dapat memengaruhi kesehatan dan keselamatan Anda saat berkendara.

Salah satu masalah utama yang dapat terjadi jika helm tidak dibersihkan dengan baik adalah kulit kepala yang gatal dan iritasi. Helm yang kotor dan berdebu dapat menimbulkan infeksi jamur, alergi, atau bahkan jerawat pada kulit kepala Anda.

Selain itu, kotoran dan bakteri yang menempel pada helm dapat menyebar ke wajah dan leher saat Anda memakainya, yang juga dapat memicu infeksi dan masalah kesehatan lainnya.

Masalah lainnya yang dapat terjadi jika helm tidak dibersihkan dengan baik adalah pengurangan visibilitas saat berkendara.

Helm yang kotor dan berdebu dapat membuat kaca visor Anda kabur dan sulit untuk melihat jalan. Ini tentunya sangat berbahaya dan dapat meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara.

Oleh karena itu, menjaga helm Anda tetap bersih dan terawat secara teratur adalah tindakan preventif yang sangat penting.

Selain memastikan kebersihan dan kesehatan Anda, membersihkan helm bagian luar juga dapat memperpanjang umur helm dan menjaga penampilannya tetap baik.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan praktis untuk membersihkan helm bagian luar dengan cara yang tepat.

Dengan melakukan ini secara teratur, Anda dapat memastikan helm Anda selalu dalam kondisi yang baik, dan dapat menghindari masalah kesehatan dan keselamatan saat berkendara.

Baca juga : Rekomendasi Helm Full Face Harga Rp500 Ribuan

Persiapan

Sebelum memulai proses pembersihan helm, pastikan untuk melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu.

Hal ini akan membantu memastikan keselamatan dan kualitas pembersihan helm yang optimal. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

Helm dalam Kondisi Dingin dan Kering

Pastikan helm dalam kondisi dingin dan kering sebelum membersihkannya. Jangan mencoba membersihkan helm yang masih hangat setelah digunakan atau dalam kondisi lembab.

Baca Juga :  5 Komponen Pendukung Pada Knalpot Mobil, Sudah Tahu?

Sebab, kondisi ini dapat memperburuk kondisi helm dan menyebabkan bau tak sedap atau bahkan korosi pada helm.

Perlengkapan Pembersih

Persiapkan perlengkapan pembersih seperti sabun cuci, lap mikrofiber, dan air bersih. Sebaiknya hindari penggunaan bahan kimia yang keras dan abrasif yang dapat merusak permukaan helm.

Jika ingin memastikan keamanan helm, gunakan sabun cuci yang lembut atau sabun bayi. Selain itu, lap mikrofiber dapat membantu membersihkan helm tanpa merusak permukaannya.

Langkah-langkah Membersihkan Helm Bagian Luar

Setelah melakukan persiapan, langkah selanjutnya adalah membersihkan helm secara teratur.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan helm bagian luar:

1. Membersihkan Kaca Visor

Langkah pertama dalam membersihkan helm adalah membersihkan kaca visor. Gunakan air dan lap mikrofiber yang lembut untuk membersihkan kaca visor secara perlahan.

Pastikan untuk tidak menekan kaca visor terlalu keras agar tidak tergores atau tergores. Hindari menggunakan kain kasar atau bahan kimia yang keras yang dapat merusak permukaan kaca visor.

2. Membersihkan Bagian Luar Helm

Setelah membersihkan kaca visor, sekarang saatnya membersihkan bagian luar helm. Gunakan sabun cuci yang lembut dan air bersih untuk membersihkan helm.

Usapkan sabun cuci ke permukaan helm dengan lap mikrofiber dan gosok dengan lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Jangan menggunakan bahan kimia yang keras dan abrasif yang dapat merusak permukaan helm.

3. Menggosok Bagian yang Sulit Dibersihkan

Beberapa bagian helm mungkin lebih sulit dibersihkan daripada yang lain. Jika Anda menemukan bagian yang sulit dibersihkan, gunakan sikat gigi yang lembut atau kain yang lebih kasar dengan sabun cuci untuk membersihkannya dengan lembut.

Pastikan untuk tidak menggosok terlalu keras, karena hal ini dapat merusak permukaan helm.

4. Membersihkan Kembali Helm dengan Air Bersih

Setelah membersihkan helm dengan sabun cuci, bilas helm dengan air bersih untuk menghilangkan sabun yang tersisa.

Pastikan untuk menyiram helm dengan air bersih hingga tidak ada sabun yang tertinggal di permukaan helm. Ini akan membantu mencegah timbulnya masalah pada helm seperti korosi atau kerusakan permukaan.

5. Mengeringkan Helm dengan Lap Mikrofiber

Terakhir, keringkan helm dengan menggunakan lap mikrofiber. Usapkan lap mikrofiber dengan lembut pada permukaan helm untuk menghilangkan kelembapan yang tersisa.

Pastikan untuk mengeringkan helm sepenuhnya sebelum menyimpannya untuk mencegah masalah seperti jamur atau bau tak sedap.

Baca juga : Rekomendasi Helm Full Face yang Cocok Buat Cewek

Tips Tambahan

Sudahkah Anda membersihkan helm Anda dengan benar?

Baca Juga :  Pilih Helm Full Face Ringan untuk Lindungi Kepala dan Wajah Anda dengan Lebih Efektif

Jika ya, maka Anda sudah memahami betapa pentingnya menjaga helm Anda tetap bersih dan terawat secara teratur.

Namun, selain langkah-langkah dasar untuk membersihkan helm, ada beberapa tips tambahan yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga helm tetap dalam kondisi optimal.

Berikut adalah beberapa tips tambahan dalam membersihkan helm bagian luar:

1. Menjaga helm tetap bersih dengan membersihkannya secara teratur

Menjaga helm tetap bersih bukan hanya tentang membersihkannya ketika sudah sangat kotor. Sebaiknya, Anda membersihkan helm secara teratur, setiap kali selesai mengendarai motor atau setidaknya seminggu sekali. Dengan membersihkan helm secara teratur, Anda dapat mencegah kotoran menumpuk pada permukaan helm dan memastikan kesehatan kulit kepala dan kesejahteraan Anda saat berkendara.

2. Hindari penggunaan bahan kimia yang keras yang dapat merusak permukaan helm

Bahan kimia yang keras, seperti asam atau bahan pemutih, dapat merusak permukaan helm. Selain itu, bahan kimia tersebut juga dapat menyebabkan warna helm menjadi pudar dan menyebabkan keretakan pada permukaan helm. Sebaiknya, gunakan sabun cuci biasa atau sabun bayi yang lembut dan aman untuk digunakan pada helm.

3. Pastikan helm selalu dalam kondisi kering sebelum disimpan

Setelah membersihkan helm, pastikan helm dalam kondisi kering sebelum menyimpannya. Hal ini penting untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada helm. Jika helm disimpan dalam kondisi basah atau lembab, maka permukaan helm dapat menjadi tempat yang ideal untuk pertumbuhan jamur dan bakteri.

4. Gunakan Lap Mikrofiber

Gunakan lap mikrofiber saat membersihkan helm bagian luar. Lap ini sangat lembut dan aman untuk digunakan pada helm, sehingga tidak akan merusak permukaan helm. Selain itu, lap mikrofiber juga dapat membantu menghilangkan kotoran dan debu dari permukaan helm dengan mudah.

Kesimpulan

Menjaga helm tetap bersih dan terawat secara teratur bukan hanya tentang penampilan, tetapi juga tentang keselamatan dan kesehatan saat berkendara.

Kotoran yang menumpuk pada permukaan helm dapat menyebabkan iritasi kulit kepala atau bahkan infeksi.

Oleh karena itu, mengikuti beberapa tips tambahan yang telah dijelaskan dalam artikel ini, seperti membersihkan helm secara teratur, menggunakan sabun yang lembut, dan pastikan helm selalu dalam kondisi kering sebelum disimpan, dapat membantu menjaga helm tetap dalam kondisi yang baik dan memastikan kesehatan dan kenyamanan Anda saat berkendara.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan helm Anda, dan pastikan untuk menggantinya setelah beberapa tahun penggunaan atau jika telah mengalami benturan yang signifikan.

Dengan merawat helm Anda dengan benar, Anda dapat memperpanjang umur helm dan menjaga keselamatan saat berkendara. Semoga tips tambahan ini bermanfaat bagi Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top