Cara Membuat TWS Tidak Delay: Solusi Untuk Headset Bluetooth Saat Main Game

Apakah Anda sering mengalami masalah delay saat menggunakan headset bluetooth, terutama ketika sedang bermain game?

Suara yang kecil atau putus-putus bisa mengganggu pengalaman gaming Anda. Hal ini terjadi karena konektivitas Bluetooth yang digunakan pada headset tersebut.

Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengatasi masalah ini dan membuat headset Bluetooth Anda berfungsi tanpa delay.

Aktifkan Headset Bluetooth Anda

Langkah pertama adalah mengaktifkan headset Bluetooth Anda, seperti TWS atau headphone wireless. Pastikan headset tersebut terhubung dengan perangkat HP Anda melalui koneksi Bluetooth.

Pengaturan Bluetooth pada Perangkat HP Anda

Setelah mengaktifkan headset Anda, langkah berikutnya adalah mengatur perangkat HP Anda. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka pengaturan Bluetooth pada perangkat HP Anda.
  2. Cari nama perangkat dari headset Bluetooth Anda.
  3. Pastikan perangkat tersebut terdeteksi dengan baik.

Aktifkan Mode Pengembang

Untuk perangkat Xiaomi, Anda perlu mengaktifkan mode pengembang terlebih dahulu. Caranya adalah dengan masuk ke bagian “Tentang Telepon” dan mengetuk versi MIUI beberapa kali hingga Anda menjadi seorang pengembang.

Pengaturan Opsi Pengembang

Pada perangkat lain seperti HP Vivo atau Samsung, Anda juga perlu mengaktifkan opsi pengembang. Biasanya, Anda bisa menemukan opsi ini dengan nama “Opsi Pengembang” atau “Option Developer” pada pengaturan tambahan atau pengaturan perangkat.

Pengaturan Kode Audio Bluetooth

Setelah Anda masuk ke pengaturan pengembang, perhatikan kode audio Bluetooth yang digunakan. Pastikan untuk mengubahnya ke “SBC” jika belum sesuai. Ini akan membantu mengurangi delay dalam mentransfer audio antara headset dan HP.

Pengaturan Sampel Audio Bluetooth

Selanjutnya, atur nilai sampel audio Bluetooth Anda ke 44.1 KZ untuk kualitas suara yang lebih baik. Selain itu, naikkan “audio Bluetooth per sample” dari 16 bit ke 24 bit untuk hasil suara yang lebih baik.

Baca Juga :  Lebih Hemat dan Efisien: Bagaimana Menggunakan Blender Sebagai Pengganti Chopper Daging?

Pengaturan Mode Saluran Audio Bluetooth

Pilih mode saluran “stereo” untuk menghasilkan audio yang lebih besar. Ini akan membantu meningkatkan pengalaman bermain game Anda.

Pengaturan Latensi Audio Bluetooth

Pilih latensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menggunakan headset dalam jarak dekat, pilih “short latency”. Namun, jika Anda menggunakannya dalam jarak jauh, pilih “long latency.”

Pengaturan Versi Bluetooth

Terakhir, pastikan Anda memilih versi Bluetooth yang sesuai dengan perangkat HP Anda. Biasanya, versi 1.5 sudah cukup baik untuk perangkat modern.

Setelah mengikuti semua langkah di atas, Anda seharusnya dapat menikmati bermain game tanpa adanya delay pada headset Bluetooth Anda. Jika Anda masih mengalami masalah, coba eksperimen dengan beberapa pengaturan untuk menemukan yang paling cocok untuk perangkat Anda.

Kesimpulan

Mengatasi masalah delay pada headset Bluetooth saat bermain game bisa membuat pengalaman gaming Anda lebih baik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menikmati suara berkualitas tinggi tanpa interupsi. Cobalah pengaturan yang berbeda sesuai dengan perangkat Anda, dan berikan komentar tentang hasilnya!

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat bermain game tanpa delay!

Oya saya juga sudah membuatkan artikel terkait rekomendasi headset gaming pubg, silahkan klik dsini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top