Jurnal Wahana Wake Boarding Core Value Dan Karakter Moral Ibu Profesional

Jurnal Wahana Wake Boarding Core Value Dan Karakter Moral Ibu Profesional

 Setelah sebelumnya berselancar di wahana surfing di lautan ombak komunitas dengan menerapkan Code Of Conduct saatnya kita memasuki wahana wake boarding dimana disini

ada Core Value dan karakter moral seorang ibu professional. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, wake berarti alur ombak dan board artinya papan. Jadi wakeboard adalah permainan air yang mengunakan papan yang digunakan untuk mengikuti alur ombak dengan seutas tali yang ditarik  perahu motor dengan kecepatan kurang lebih 25km perjam hampir mirip dengan surfing karena nyatanya Aktivitas wakeboarding dikembangkan dari kombinasi aktivitas  Surfing dan aktivitas water ski. Dan tentunya supaya aktifitas di pemainan ini lancar nyaman dan sesuai harapan kita meski menyiapkan perlengkapan dari luar maupun dari dalam

  1. Tali pegangan :

Ketika memainkan wahana ini kita meski senantiasa memegang tali pegangan yang dikaitkan pada perahu motor agar kita tidak terjatuh kedalam lautan, tali tersebut  merupakan Core value Ibu Profesional  yakni 5 B

  • Belajar  ‘
  • Berkembang
  • Berkarya
  • Berbagi
  • Berdampak
  • Peralatan ketika bermain wake boarding  

2. Agar bisa survive di lautan ombak komunitas Ibu professional yakni dengan mengaplikasikan Karakter Moral Ibu Profesional:

  • Mengenakan Helm Pengaman IP ->  “Never Stop Running The Mission Alive”
  • Mengenakan Pelampung IP ->  “Don’t Teach Me I Love To Learn”
  • Meminum air kelapa muda (Degan) IP :

-> I know I can Be Better

-> Always On Time

-> Sharing Is Carring

Menuliskan Rute Perjalanan

  1. Ilmu yang ingin di pelajari, di tingkatkan dan dilatih serta ilmu yang dapat di bagikan

Di dalam menjelajahi wahana wake boarding ini sambil mulai menentukan rute perjalanan karena pada jaman millennial saat ini ada banyak sekali ilmu-ilmu bagus yang menarik sehingga jika kita tidak menentukan arah dan menyaring dalam proses belajar maka akan terjadi Tsunami ilmu yang dimana akan sangat berdampak pada kehidupan kita nantinya akan terlalu banyak menampung ilmu namun kenyataanya tidak bisa diaplikasikan dalam kehidupan kita, kita meski tegas dalam menentukan arah dengan mengatakan “Ilmu nya Menarik Tapi Saya Tidak Tertarik” dengan begitu kita dapat menyaring ilmu-ilmu yang sesuai dengan karekter moral kita yang paling kita butuhkan dan yang paling sesuai dengan keadaan kita sehingga kita bisa mengaplikasikan ilmu tersebut dalam kehidupan keseharian.

Ilmu yang menunjang saya sebagai Ibu

  • Parenting

Saya sangat tertarik dan sangat ingin mempelajari ilmu Pengasuhan anak atau Parenting, ilmu ini sangat relevan dan dibutuhkan untuk saya saat ini dimana sekarang ini saya sudah berstatus seorang ibu dengan dua orang putri saya mesti tau bagaimana cara mendidik anak dengan baik sehingga bisa melahirkan generasi penerus yang lebih baik. Menghantarkannya berkembang dengan baik sesuai fitrah dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya sehingga ia bisa menjadi pribadi yang meluaskan kebermanfaatan di masa depanya.

Maka mengikuti kelas bunda sayang ini adalah sebagai salah satu  ikhtiar saya mempelajari meningkatkan juga melatih ilmu parenting.

Ilmu yang menunjang saya sebagai istri

  • Memasak

Ilmu ini sangat saya butuhkan meski sebenarnya tidak begitu saya sukai namun saat ini dimana saya mengeloa rumah dengan tanpa asisten tentunya sebagai seorang istri sudah menjadi kewajiban melayani suami dengan baik segala kebutuhanya termasuk soal makanan dan juga dengan memasak ini bisa membantu mengelola keuangan dikeluarga lebih bisa berhemat sebenarnya ilmu ini pun bermanfaat ganda menunjang pula untuk saya sebagai seoarang ibu kita dapat menyajikan beraneka olahan makanan yang anak kita sukai sehingga bisa meminimalisir sering jajan di luar yang terkadang kurang sehat.

  • Ilmu Bebenah Rumah Konmari

Ilmu ini pun saat ini sangat relevan dan saya butuhkan saat diambil keputusan bersama mengelola rumah tanpa asisten maka ilmu ini begitu saya butuhkan sehingga dapat meminimalisir kelelahan dan stress saat mendapati terlalu sibuk dan capek menggelola bebenah rumah supaya bisa nyaman. kenyataanya dengan mempelajari ilmunya pekerjaan domestic harian bebenah ini bisa menjadi praktis dan mudah serta lebih ringan. punya dua orang anak yang masih kecil kenyataanya sering didapati kondisi ruangan yang super rapi (alias kebalikanya hee) ternyata saya termasuk ibu yang memiliki standar kerapihan tinggi namun kenyataanya ga mampu menggarap semua karena kelelahan saking pengen detailnya, maka dari itu ilmu berbenah ini sepertinya begitu urgen bagi saya saat ini untuk di pelajari dilatih dan ditingkatkan

  • Berhias dan Merawat Diri

Senantiasa Tampil bersih, cantik, wangi dan menarik dihadapan suami merupakan ilmu yang ingin saya tingkatkan dan saya latih karena islam pun menganjurkannya menjadi bagian sunnah dan mengundang pahala dari Allah SWT. menjadi ibu rumah tangga yang ngantornya tiap hari di rumah saja terkadang lupa berhias diri tampil dengan penampilan terbaik dihadapan suami mulai dari kostum pakaian sampai tampilan wajah. jangan sampai dihadapan suami menampilkan muka glowing tapiiii kilau glowingnya dari kilang minyak goreng karena seringnya beraktivitas didapur juga jangan sampai aroma bawang goreng yang melekat di badan seharian.

Ilmu yang menunjang saya sebagai Pribadi Individu

  • Bisnis

Berbisnis bagi saya  adalah media atau sarana berta’awun bagi sesama muslimah pada  khususnya serta menjadi sarana mengapai keberkahan dalam keluarga. Maka ilmu ini juga bagian ilmu yang ingin saya tingkatkan sehingga bisa meluaskan manfaat.

Diantara ilmu bisnis yang saya butuhkan ialah:

  • Digital Marketing (Web, Blog, Market Place, Copy writing dll)
  • Online Marketing
  • Desain Canva
  • Sosial Selling (facebook, Instagram, Whatsapp, Telegram)
  • Management Bisnis
  • Literasi

bagi saya ilmu literasi bisa menjadi media melatih kemampuan saya dalam berkarya dan berdakwah lewat tulisan sebagai blog writer maka saya perlu melatih dan meningkatkan kemampuan tulisan yang baik sesuai kaidah mudah di pahami, di cerna oleh para pembaca.

Tak lupa saya pun ingin menerapkan core value IP Sharing is Carring  pada ilmu bisnis dan litersai ini dengan mengikuti Rumah Belajar Bisnis, Rumah Belajar Literasi dan Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP) di Komunitas Ibu Profesional sehingga menjadi media saya berbagi ilmu dengan yang lainya.

  • Tantangan yang mungkin akan dihadapi dan cara mengatasinya berasarkan karekter moral diri

Tantangan yang mungkin saya hadapi dalam belajar

  1. Management waktu

Cara mengatasi nya dengan membuat todolist harian, jadwal harian , mingguan dan bulanan. mementukan skala prioritas yang meski dikerjakan

  • Rasa Malas

Mengatasinya dengan merefresh sejenak tujuan awal memulai dan kembali mengali strong why

  • Rasa Lelah

Mengatasinya rehat sejenak, manjakan diri dengan memakan makanan vaforit kemudian gali tujuan Mardotillah

  • Distraksi Informasi from gadget

Mengatasinya dengan segera berhenti memilah kembali yang sesuai kebutuhan actual

  • Distracksi pekerjaan domestic

Mengatasinya dengan Cut of time selesai ga selesai tunda dan kerjakan di hari berikutnya

Demikian peta atau rute perjalanan di game wahana wake boarding ini semoga bisa bermanfaat

Salam hangat

Sali Saputra

#IbuProfesionalbandung #KelasBundaSayangBatch6 #IbuPembelajar

Sumber :

  • Materi Wahana Wake Boarding Core Value oleh Farida Ariyani via Live FB Grup
  • Materi Wahana Wake Boarding Karekter Moral Ibu Profesional oleh Ressi Laila Untari Ningsih via Live FB Grup
    (10 Agustus 2020 Pukul 14.00 – 15.00)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa di bantu?