Toyota Fortuner Versus Kijang Innova, Mana yang Harus Dipilih?

Sebagai mobil yang dijual dengan harga mahal lebih dari 500 juta maka banyak orang yang berusaha untuk membandingkan Fortuner dengan mobil lain. Biasanya proses perbandingan ini dilakukan oleh orang-orang yang ingin membeli kendaraan roda empat tetapi masih bingung mau pilih yang mana sesuai dengan budget yang ada.

Salah satu kendaraan yang sering dibanding-bandingkan dengan Fortuner adalah Kijang Innova yang memang sama-sama berasal dari pabrikan Toyota. Walaupun keduanya berbeda jenis karena Fortuner berjenis SUV dan Innova berjenis MPV, tetapi memang keduanya layak untuk dibandingkan agar calon pembeli bisa memilih yang tepat.

Perbedaan Antara Innova Dan Fortuner

Jika berbicara sejarah tentunya Innova jauh lebih unggul karena sudah ada sejak tahun 1970an yang dulunya bernama Toyota Kijang sehingga sudah populer di masyarakat dari dulu. Tepatnya di tahun 2004 hadirlah Kijang Innova generasi pertama yang lekat dengan julukan mobil keluarga favorit dengan maksimal penumpang 7 orang.

Berbeda dengan Fortuner yang diluncurkan pertama kali tahun 2005 setahun setelah diperkenalkan Innova. Dari dulu Fortuner memang memiliki dimensi yang besar bahkan masuk jenis SUV segmen D. Barulah di tahun 2014 muncul Fortuner generasi terbaru dengan ukuran yang besar sehingga terlihat gagah yang semakin terkenal hingga sekarang. Ada banyak perubahan yang dilakukan pada mesin dan juga desain Fortuner ke arah yang lebih keren.

Dari bagian mesin, keduanya sama-sama menggunakan kapasitas sebesar 2.393 cc dengan jumlah silinder sebanyak 4, kemudian bahan bakar yang digunakan juga sama yaitu diesel dengan 6 transmisi.

Tetapi dari tipe mesin ada perbedaan karena Fortuner memiliki tipe dengan kode 2TR-FE sedangkan Innova bertipe 2TR-FE I4 dilengkapi Dual VVT-i, sedangkan power yang dihasilkan sama yaitu sebesar 5.200 rpm dan torsi ada di angka 4.000 rpm.

Baca Juga :  kosmetik oriflame halal atau haram

Perbedaannya lainnya adalah Fortuner sudah menggunakan penggerak roda dua sedangkan Innova hanya menggunakan penggerak roda bagian depan saja.

Dari sisi dimensi, Innova lebih kecil dibandingkan dengan Fortuner serta desain Innova yang memang layaknya seperti MPV. Dengan ukuran tinggi Fortuner yang hampir mencapai 2 meter maka mobil ini terlihat lebih gagah dan juga sporty sedangkan Innova lebih condong menjadi mobil keluarga terbaik.

Dalam hal kursi penumpang, keduanya sama-sama menyediakan 7 kursi untuk 7 orang dan keduanya memberikan ruang gerak yang lega untuk semua penumpang. Perbedaannya ada pada ukuran bagasi Innova dirancang lebih besar dibanding mobil Fortuner.

Itulah beberapa perbedaan antara innova dan fortuner yang sering dibandingkan banyak orang. Setelah tahu perbedaannya dan sudah memiliki yang tepat maka bisa cek kendaraannya di platform SEVA yang dijamin lengkap.

Untuk harga mobil Fortuner dengan Innova tentu lebih mahal Fortuner yang bisa dicek langsung melalui aplikasi. Bagi yang mau beli atau kredit kendaraan baru maka bisa mencoba aplikasi SEVA sekarang juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top