FAMILY PROJECT DAY 5 “Membaca Buku Serial Teladan Bersama”

“Aku Sahabat Terbaikmu”
Melatih Kecerdasan Emosional dan Spiritual

RENCANA

Pembagian tugas

Pimpinan Project       : Adzkia

Sekertaris                   : Mama

Bendahara                  : Mama

Anggota                     : Arsyila

Hari / tempat             : Senin 2 November 2020 di rumah

Waktu                         : Pukul 14:00 bada dzuhur

Perlengkapan            :

  1. Buku Bacaan
  2. Aku anak yang sabar
  3. Aku senang menolong
  4. Aku sayang Ayah dan Ibu
  5. Aku sayang teman

AKTUAL DAN KENDALA

Rencana awal project adalah membawa adzkia pergi melayat ayah teman RA adzkia yang meninggal bersama teman dan ortu lainya pada jam 9:30 pagi namun ternyata terjadi perubahan rencana karena beberapa orang tua siswa berkendala jika melayat pas waktu pulang RA yakni jam 9:30, akhirnya diputuskanlah demi kebersamaan dan kekompakan disaat bersamaan anak sedang belajar luring dalam kelas sambil menunggu jam pulang kami para orang tua siswa berangkat melayat ke rumah duka pada jam 8:30 pagi tanpa anak-anak.

Alur pelaksanaan project :

Akhirnya family project pun berubah Saat tiba pulang belajar luring lalu adzkia sempat menanyakan berangkat menengok ayah yasmin sesuai yang saya soundingkan sebelumnya disampaikanlah cerita kenapa ga jadi berangkat bersama adzkia saat melayat tadi pagi disini ada kesempatan untuk menjelaskan pada adzkia tentang bahasan sayang ayah ibu, suka menolong, menjadi anak yang sabar, dan sayang teman melalui project membaca buku bersama-sama. Sesuai dengan kesepakatan kegiatan membaca bersama ini di mulai pukul 14.00 setelah dzuhur. Alur pelaksanaan project sebagai pimpinan project adzkia yang membacakan isi buku mengeksplor sesuai gaya natural yang ia miliki saat mengutarakan isi buku mama dan arsyila menyimak kemudian mamapun mengoreksi jika ada yang keliru atapupun membimbing juga mengarahkan adzkia jika mendapat kendala saat membaca gambar pada buku. Diakhir mama mengajak diskusi mengambil hikmah yang dapat di petik dari buku bacaan.

Baca Juga :  Semua Anak Adalah Bintang Day 4

Kendalanya sebagai pimpinan project adzkia terkadang adzkia berubah mood baca saat ia tak tau menjelaskan bacaan dan gambar yang tertera pada buku cerita (karena barubisa baca huruf sebagian) saat bersamaan meminta saya untuk memberi tahu disaat itu juga ia minta mengulang baca bukunya dari awal supaya ia saja yang membacakan cerita tanpa bantuan orang.

REFLEKSI

  1. Alhamdulilah adzkia terlihat bersemangat membacakan cerita dalam buku bergambar dan arsyila terlihat senang dibacakan cerita oleh tetehnya
  2. Mama belajar bersabar memandu, menyimak, memotivasi, menjelaskan dan meluruskan isi cerita jika ada yang keliru serta memaparkan teladan dan hikmah dari buku bacaan yang di baca
  3. Ngobrol bersama tentang rasa syukur masih di berikan nikmat kesempatan berkumpul bersama ayah dan mama oleh Allah hingga saat ini serta mengajak mendoakan teman adzkia yaitu yasmin supaya diberikan kesabaran bererta mama dan kakaknya yang ditinggalkan ayah yasmin.

PERSENTASE (%)

Alhamdulilah 100

FOTO DOKUMENTASI

#harike-5
#tantangan15hari
#zona3cerdasanemosidanspiritual
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

#familyproject

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top