Menjemput Jodoh Yang Allah Ridhoi

Menjemput Jodoh Yang Allah Ridhoi

Tulisan ini saya persembahkan untuk semua ikhwan atau akhwat yang sedang dalam penantian mencari jodoh, tentunya kita sebagai muslim yang baik mesti sesuai dengan syariat yang Allah tentukan. Sehingga prosesnya Allah ridhai karena pernikahan yang Allah ridhai dengan dasar yang benar akan membawa pada Sakinah Mawwaddah dan Warahmah abadi hingga kelak sampai di jannah-Nya (Aamiin).

  1. Pengertian Jodoh

Jodoh Adalah bagian dari takdir Allah. Apa itu Takdir? Ialah ketentuan Allah yang sudah ditetapkan saat manusia masih berada di alam ruh dan alam rahim, seperti halnya Rezeki juga Kematian. Jodoh kita sudah ditakdirkan oleh Allah, dan ia tidak akan kemana-mana. Tetapi jodoh tidak akan datang kalau kita tidak menjalani proses ikhtiar dalam mencarinya. Sama halnya dengan rezeki. Ada bagian Rezeki yang mesti kita ikhtiarkan dalam  menjemputnya

Allah SWT berfirman dalam Ayatnya:

“Maha suci Tuhan yang telah menciptakan makhluk makhluk semuanya berpasangan baik apa yang ditumbuhkan oleh bumi, atau dari diri mereka, ataupun dari apa yang mereka mengetahuinya”. (QS Yassin : 36).

 “Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang pasangan pria dan wanita”. (QS An Najm : 45).

Dari kedua ayat tersebut dapat kita simpulkan bahwa Allah telah menetapkan jodoh kita masing-masing, oleh karena itu Jodoh adalah Bagian dari Takdir atau Ketetapan Allah SWT.

  1. Jodoh Adalah Cerminan Diri

Benarkah jodoh atau  pasangan hidup itu  merupakan cerminan dari diri kita sendiri?, Allah swt Menjelaskan dalam Firmanya sebagai berikut:

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ أُولَٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Artinya; Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga). (QS. An-Nur; 26)

Sehingga hal yang paling bagus jika teman-teman dalam  masa penantian adalah memperbaiki diri serta meningkatkan qualitas diri, seperti apakah jodoh yang kita ingin kan ? maka tingkatkanlah kualitas diri kita sesuai keinginan tersebut. Jika kita berdoa pada Allah agar diberikan jodoh yang sholeh-sholeha maka yang pertama kali harus meningkatkan  keshalihan adalah diri kita sendiri

  1. Cara Mengetahui Ia adalah Jodoh Kita

Karena Jodoh merupakan bagian dari takdir Allah, Setiap insan pastinya dipertemukan dengan jodohnya oleh Allah pada usia yang berbeda-beda. Ada yg bertemu jodohnya dalam usia yang masih muda, adapula yang dipertemukan dalam usia yang sudah senja. Walau begitu hal tersebut tidak dapat dikatakan bahwa jodoh datang terlalu cepat atau datang terlalu telambat, karena seperti telah dijelaskan sebelumnya jodoh merupakan rahasia Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Bagaimana Kita dapat mengetahui tanda-tanda dari Allah bahwa jodoh kita sudah dekat apa masih jauh? lebih jelasnya kita simak penjelasan berikut ini:

Kurang lebih ada 10 tanda bahwa ia adalah jodoh yang Allah kirimkan untuk kita:

  • Mempunyai Keimanan Serta Sifat yang Mirip (Satu Visi Misi)

Jika suatu waktu kita dipertemukan dengan orang yang didapati memiliki tingkat keimanan serta kemiripan sifat, bisa jadi itu adalah pertanda dari Allah bahwa orang yang ditemuinya merupakan jodoh yang Allah Kirimkan. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jodoh merupakan cerminan diri. Pertemuan sikap yang mirip akan melahirkan rasa cocok dan nyaman (satu visi dan satu misi)

  • Merasakan Ketentraman Hati

Tentunya dikarenakan manusia Allah ciptakan sebagai makhluk sosial, interaksi antar sesame menjadi hal yang sangat penting begitupun interaksi lawan jenis apabila kita berinteraksi dengan seseorang yang membuat hati kita tenteram, damai, serta nyaman maka bisa jadi itu merupakan pertanda dari Allah bahwa orang tersebut  merupakan jodoh yang Allah kirimkan untuk kita.

  • Dapat Saling Memaklumi

Saat kita bertemu dengan seseorang yang dimana ia mampu memaklumi apapun dan bagaimanapun keadaan kita, bisa jadi itu merupakan pertanda dari Allah bahwa jodoh kita adalah orang  tersebut. Serta dengan sendirinya akan timbul perasaan cinta di hati masing-masing, dan dari situlah kita akan saling memahami juga memaklumi bagaimana sifat kita, fisik kita serta dalam kondisi apapun.

  • Dapat Saling Memberikan Motivasi

Disaat kita berada dalam situasi senang maupun sedih Dari sini pula kita akan mengetahui orang yang mana yang masih berada dipihak kita dan masih memberikan support kepada kita. salah satu tanda jodoh dari Allah ialah orang yang dikirimkan Allah sebagai jodoh kita senantiasa akan selalu membantu dan memotivasi dalam situasi apapun. ia akan selalu ada untuk kita dalam keadaan senang maupun susah, dan dia selalu memiliki cara tersendiri untuk memotivasi kita.

  • Memiliki Akhlak dan Tutur Kata yang Bernilai Motivasi

Tanda-tanda bawha ia adalah jodoh dari Allah selanjutnya yaitu dapat dilihat dari akhlak serta tutur kata nya yang bernilai motivasi, keduanya akan saling memotivasi untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Seseorang yang seperti ini akan selalu berusaha agar kita merasa bahagia dan terhindar dari perasaan sedih dan gundah.

  • Memiliki Kemantapan Dalam Hati Kita

Ketika kita mendapati seseorang yang merupakan jodoh dari Allah, maka akan didapati hati ysng mantap dan tidak mudah goyah. Tentunya kemantapan hati ini harus didasari dengan meminta petunjuk dari-Nya.

  • Tampil dan bersikap Jujur juga Bersahaja

Salah satu tanda bahwa dia adalah jodoh kita yaitu dia akan tampil dan bersikap Jujur di depan kita. Dia akan selalu bersahaja dan tidak bersandiwara serta tidak membuat-buat penampilannya.

  • Dapat Diterima Oleh Keluarga Kita

Jika memang jodoh maka akan dimudahkan segala sesuatunya termasuk diantaranya yaitu penerimaan keluarga. Keluarga akan dengan mudah menerima dengan senang hati, apalagi jika dia memiliki sifat jujur dan akhlak yang baik

  • Tidak Mempedulikan dan Melupakan Masa Lalu

Setiap orang tentunya memiliki masa lalu, baik masa lalu yang baik maupun buruk. Jika Seseorang yang tidak peduli dengan masalalu kita yang buruk, bisa jadi itu merupakann pertanda bahwa ia adalah jodoh dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

  • Melakukan Shalat Istikharah Serta Tawakkal

Dan poin terakhir bagaimana cara membaca tanda-tanda jodoh dari Allah, Allah memerintahkan kita untuk melakukan shalat istikharah serta bertawakkal berharap petunjuk-Nya. sehingga kita akan diberikan Jodoh terbaik dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Cara Menjemput Jodoh yang Allah Ridhai

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits Muslim bahwa jodoh adalah tulang rusuk, dan kaum hawa merupakan tulang rusuk dari kaum adam.  Kita pun tentunya mengharapkan jodoh di dunia dan jodoh sampai di akhirat sehingga kita perlu menjemput jodoh dengan cara yang Allah Ridhai diantaranya

  • Tidak melalui proses pacaran dan umbar kemesraan padahal belum halal dengan dalih menempuh tahap saling mengenal
  • Melalui proses taaruf yang singkat dan selalu di dampingi oleh mahrom
  • Jika dalam proses taaruf sudah didapat kecocokan maka mesti disegerakan proses khitbah
  • Segera Melaksanakan Akad Pernikahan tak lama dari Proses khitbah
  • Saling menjaga kehormatan masing-masing selama belum berstatus halal sebagai pasangan suami istri

Demikian penjelasan menjemput jodoh yang Allah ridhai, semoga kelak teman-teman dipertemukan dengan jodoh terbaik yang Allah ridhai.

Aamiin YRA

Wallahu alam