Mau Beli Mobil Second? Ketahui Dulu Tahapan Test Drive Berikut Ini

Sampai sekarang mobil bekas masih laris manis dicari banyak orang karena harganya yang dikatakan lebih terjangkau.

Banyak orang mencari mobil bekas harga terjangkau dengan kualitas yang bagus tentunya dengan proses pengecekan yang lebih teliti sejak awal hingga proses pembayaran dilakukan.

Dengan melakukan pengecekan yang teliti serta membandingkan dengan unit lainnya maka calon pembeli bisa tahu mana mobil yang paling unggul dan bisa langsung dipilih untuk dibeli.

Tetapi sebelum dibeli, ada baiknya untuk melakukan test drive terlebih dahulu untuk memastikan kondisi sekaligus menyesuaikan dengan spesifikasi yang dijelaskan oleh penjual.

Tahapan test drive ini sangat penting dan wajib dilakukan untuk orang-orang yang tertarik dengan mobil bekas. Jangankan mobil bekas, bahkan sekarang untuk mobil baru saja disediakan layanan test drive oleh dealer resmi padahal sudah pasti kualitasnya masih bagus.

Hal tersebut menandakan bahwa test drive menjadi tahapan wajib yang mesti dilewati oleh calon pembeli mobil second dan juga bisa langsung berdiskusi banyak hal dengan penjual.

Tapi apakah sudah tahu apa saja tahapan dalam test drive? jika belum maka akan dijelaskan disini.

1. Atur posisi duduk senyaman mungkin

Untuk mengemudikan kendaraan dengan optimal maka calon pembeli harus bisa mengatur posisi duduk dengan senyaman mungkin. Jangan lupa juga untuk mengatur jarak dan ketinggian setir agar sesuai dengan posisi badan sekaligus tangan.

Selain kenyamanan, calon pembeli juga bisa mengetahui apakah fitur-fitur pada kursi dan setir masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Baca Juga :  Rahasia Membuat Kata Kata Jualan Online di Facebook Yang Menjual

2. Starter sampai mesin menyala

Setelah posisi duduk dan setir sudah sangat nyaman, maka bisa dilanjutkan dengan menekan starter sampai mesin menyala. Sebelum menyalakan mesin, disarankan untuk mengecek dulu lampu indikator yang ada di bagian depan pengemudi.

Jika ada salah satu lampu indikator yang menyala maka harus ada perbaikan yang dilakukan pada kendaraan.

3. Cek bunyi mesin

Saat mesin sudah menyala, maka langsung buka jendela untuk cek bunyi mesin dengan lebih jelas. Calon pembeli harus bisa memastikan bahwa suara yang dihasilkan mesin termasuk normal dan tidak terjadi suara yang tidak wajar.

4. Cek transmisi

Setelah mendengar suara mesin, maka untuk membuat mobil melaju tentunya membutuhkan fungsi dari transmisi. Cara mengecek transmisi yaitu dengan memastikan tidak ada jeda atau sulit memindahkan transmisi yang satu ke yang lain.

5. Lakukan test drive

Berikutnya adalah pakai sabuk pengaman dan jalankan mobil dengan membiarkan jendela tetap terbuka agar suara mesin tetap bisa terdengar jelas.

Setelah test drive selesai, lalu matikan mesin dan tunggu beberapa waktu kemudian nyalakan kembali. Cek apakah ada lampu indikator yang menyala atau tidak, jika ada maka terdapat masalah tertentu.

Keenam tahapan test drive diatas tentunya akan membantu calon pembeli memutuskan untuk membeli atau tidak. Bagi yang ingin mendapatkan mobil bekas yang kualitasnya sudah pasti terjamin karena dicek oleh teknisi berpengalaman maka bisa cek mobil di platform mobbi. Platform satu ini dulunya adalah mo88i dan sekarang sudah berganti jadi mobbi dengan pelayanan transaksi jual beli beserta tukar tambah yang lebih praktis untuk banyak orang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top