9 Cara Benar Memulai Bisnis Kue Kering Supaya Untung Banyak

Bisnis kue kering masih jadi lahan basah baik untuk anda yang sudah berpengalaman ataupun pemula.

Apalagi menjelang lebaran, namanya kue itu sudah bisa di pastikan laris manis, orang nyari pengen beli makanya kalau menuju hari lebaran, banyak banget saya perhatikan sampe yang jualan di pinggir jalan.

Betul bahwa peluang usaha kue kering masih berpeluang besar, makanya ada ragam yang di ciptakan misalkan : kue kering kekinian dan usaha kue kering kiloan.

Dengan memanfaatkan tehnologi, jualan kue kering anda bisa semakin maju dengan usaha lebih sedikit.

Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ya!

Shopee

Cara Benar Memulai Usaha Kue Kering

1. Promosi lewat Internet

Ada usaha kue yang memang sudah besar di awal bahkan sebelum menggunakan media online. Artinya dia sudah berdiri lama, biasanya di atas 10 tahun. Pasarnya sudah terbentuk, ketika masuk ke media online, sisanya tinggal melanjutkan saja.

Ada juga usaha kue yang bener-bener baru di bangun dengan media online, sebelumnya memang tidak ada. Setelah di rintis sekian lama, akhirnya bisa sukses juga, dikenal oleh banyak orang, pelanggannya dimana-mana, di pake juga oleh artis dan selebgram. Selanjutnya tinggal bangun toko di lokasi yang strategis, sisanya tinggal melanjutkan untuk lebih berkembang.

Dimanakah posisi usaha anda saat ini?

Dimanapun posisinya, jangan abaikan media online. oke

yang banyak digunakan oleh target, seperti

Instagram

Kelebihan instagram adalah soal foto. IG mampu menciptakan tampilan foto diatas rata-rata. Sangat cocok untuk promosi makanan atau kue, tantangannya adalah bagaimana membuat foto produk yang menarik, memunculkan rasa penasaran dan ingin mencoba.

Facebook

Jangan salah, media sosial buatan Mark Zuck ini masih sangat potensial untuk promosi usaha. Dengan pengguna 120 juta di Indonesia, untuk sebuah usaha yang di kerjakan dengan serius. Facebook tidak boleh di abaikan.

Tik Tok

Tahukan anda?

Indonesia sebagai negara pengguna TikTok terbesar keempat di dunia. Terdapat 30,7 juta pengguna TikTok di Indonesia.

Usia pengguna TikTok di Indonesia didominasi oleh remaja usia 14-24 tahun. Sangat potensial untuk bisnis kue kering, apalagi kalau anda membuka keagenan atau reseller, biasanya usia 24 tahun kebawah pengen coba usaha supaya punya duit sendiri.

Baca juga : contoh kalimat promosi kue kering lebaran

Selain itu, lakukan ini juga :

2. Door to door

Saudara, teman, tetangga disekitar rumah dan rekan kerja adalah pasar potensial yang tidak boleh di abaikan. Dengan cara penawaran yang cocok dan menarik, mereka bisa terus repeat order.

Memang beberapa ada yang sukanya minta diskon, minta harga temen bahkan minta di hutangi. Jangan terlalu fokus dengan mereka, fokus saja ke orang yang paham dan mau saling bantu usaha.

3. Siapkan Kue tester

Bisnis kue kering ini unik, karena produknya punya kelebihan, yaitu bisa di makan. Artinya kalau kue anda enak dan sehat, suruh saja calon pembeli untuk nyoba sendiri. Kalau mereka suka, pasti bakalan balik lagi untuk order. Kalau tidak, artinya anda harus evaluasi resep.

4. Memahami Pangsa Pasar

Pelajari buyer persona, apa itu?

Adalah model ideal untuk contoh konsumen kita. Mulai dari pekerjaan, penghasilan, jenis kelamin, keluarganya dan lain sebagainya.

Tujuan supaya usaha marketing kita tepat sasaran, ingat kita tidak bisa menjual kepada semua orang. Harus di buat spesifik.

5. Menentukan Lokasi

Karena makanan, orang biasanya pengen coba (nyicip), maka perkara lokasi sangat penting sekali. Selain lokasinya tepat, perhatikan juga penataan tempat supaya orang seneng dan mau mampir.

6. Mengikuti pameran atau bazaar

Ini penting untuk mengenalkan produk ke sebanyak-banyaknya orang. Masukan ini dalam list marketing anda, mungkin saat pandemi begini cara ini belum bisa anda aplikasikan. Tapi saat semuanya kembali normal, mulai pikirkan bagaimana anda bisa ikut pameran baik lokal atau luar negeri.

7. Harga yang Kompetitif

Menentukan harga ini sangat penting, salah satu tipsnya ialah tentukan kepada siapa anda akan jual kue ini. Apakah kalangan menengah ke atas atau menengah ke bawah.

Bagaimana cara menghitung bisnis kue kering? simak videonya dibawah ini :

8. Persiapkan Modal yang Dibutuhkan

Kue kering bagaimana yang akan di buat sangat mempengaruhi pada perhitungan modal. Kalau sudah ketemu produk mana yang best seller, fokuskan disana dan modal lebih banyak anda alokasikan disana.

Gunakan Bahan yang Berkualitas
Sudah jelas ya, bisnis makanan itu soal rasa. Rasa yang enak dihasilkan dari bahan yang berkualitas. Jangan sekali-kali menggunakan bahan sembarangan atau bisnis anda jadi taruhannya.

9. Buat Inovasi Baru

Manusia itu makhluk yang mudah sekali bosan dan manusia itu gampang terpesona oleh sesuatu yang baru. Hadirkan inovasi dalam produk dan cara promosi agar pelanggan semakin loyal bahkan merekomendasikan kepada saudara dan teman-temannya.

Akhir kata, demikian ulasan cara bisnis kue kering yang menguntungkan. Semoga secepatnya mampu meningkatkan omset penjualan anda. Ingat tidak ada bisnis yang di bagun dalam semalam, kuncinya kembali pada konsistensi serta jangan berhenti belajar dan praktek. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *