5 Cara Mudah Membuat Website Sekolah Sendiri Murah Bahkan Gratis

Saat ini banyak lembaga sekolah dan bimbel yang bermunculan dan baru saja dirintis. Kebanyakan lembaga sekolah ini berada didaerah-daerah yang sulit terjangkau sekolah atau menjangkau kota.

Meskipun ada juga yang terletak ditengah kota dan membuat sekolah untuk komunitas di sekitarnya. Banyak tujuan utama dari mendirikan sekolah, namun yang pasti tujuan mereka adalah sangat baik, yaitu untuk mendidik dan memajukan anak bangsa.

Nah, lembaga atau sekolah baru ini biasanya akan sudah kerepotan dengan perkara offline sehingga mungkin atau terkadang tidak bisa mempublikasikan sekolah mereka secara online.

Jika Anda merupakan pemilik, pendiri, pengelola atau pengurus lembaga sekolah baru ini dan ternyata sekolah Anda belum terpublikasikan secara online, Anda bisa membuat website sekolah sendiri.

Sebelumnya mari di simak

Kelebihan dan kekurangan antara website gratis dan berbayar :

Kelebihan web gratis :

  • Pembuatan tanpa biaya

Jadi tidak keluar uang sama sekali

  • Layanan gratis

Poin dimana anda tidak usah di pikirkan adalah soal biaya : penyimpanan data, update sistem, dan biaya perpanjang hosting dan domain.

Kekurangan website gratis :

  • Layanan terbatas

Se-pengalaman saya, untuk website gratis hampir tidak ada layanan sama sekali, seadanya saja.

  • Ikut kebijakan pemilik layanan

Karena gratis, kita tidak memegang kendali untuk website kita. Bahkan misal nanti web kita di hapuspun, tidak bisa melakukan apa-apa.

  • Tampilan terbatas

Theme yang di sediakan sama mereka saja yang tersedia, tidak fleksibel.

  • Tidak bisa untuk beragam keperluan

Karena tampilannya monoton, biasanya web gratis sebatas untuk blog saja.

Kelebihan website berbayar :

  • Layanan lebih banyak
  • Desain suka-suka dan lebih profesional

Theme apapun yang anda inginkan, bisa di aplikasikan. Apalagi untuk perusahaan, masa pake web gratis, bagaimana mau meyakinkan klien.

  • Bisa untuk beragam keperluan

Profil perusahaan, website berita, online shop, e-learning, website sekolah dan lainnya

Kekurangan web berbayar

  • Harus keluar biaya

Bagaimana cara membuat website sekolah sendiri?

1. Pilih nama domain untuk membuat situs web sekolah Anda.

Langkah pertama dalam membuat situs web adalah membuat nama domain untuk situs web sekolah atau lembaga Anda. Nama domain adalah alamat situs web sekolah atau lembaga Anda. Pengunjung hanya perlu mengingat nama domain situs web pendidikan dan sekolah Anda. Nama domain yang Anda pilih hanya dapat dimiliki oleh satu situs web.

2. Daftarkan nama domain sekolah dan pilih paket hostingnya.

Ada banyak perusahaan web hosting atau developer yang menyediakan banyak ruang disk dan bandwidth. Tapi harga yang Anda bayar untuk ini luar biasa. Layanan hosting web ini yang nantinya akan menampilkan situs web sekolah Anda di Internet. Oleh karena itu, Anda harus memilih paket web hosting yang bermakna. Oleh karena itu, untuk sekolah yang diakhiri dengan .sch.id atau yang serupa, Anda dapat menemukan nama domain gratis dan layanan penyedia hosting di Internet.

3. Instal WordPress untuk membuat situs web sekolah Anda

Cara membuat website sekolah sendiri gratis selanjutnya yaitu menginstall wordpress. WordPress merupakan platform yang sangat baik untuk membuat berbagai jenis website dan sistem manajemen konten yang sangat baik dan mudah digunakan.

Anda dapat membuat situs web yang berfungsi penuh tanpa mengetahui pengkodean dan pembuatan skrip, dan layanan ini juga gratis. Anda juga bisa memasang thema gratis yang disediakan wordpress.

4. Unduh dan instal plugin WordPress untuk situs web sekolah.

Sebenarnya ada banyak jenis plugin yang dapat membantu Anda dalam membuat situs web pendidikan. Tapi pertama-tama, Anda perlu tahu cara memasang plugin di situs Anda.

cara membuat website sekolah

Pertama, Anda harus masuk ke dasbor WordPress. Kemudian, klik plugin atau tambahkan yang baru. Setelah memilih plugin dari daftar atau mengunggah plugin dari komputer Anda, klik Pasang Sekarang untuk memasang plugin.

Setelah proses instalasi, klik Activate untuk mengaktifkan plugin tersebut.

5. Tambahkan konten dan informasi ke situs web sekolah Anda.

cara membuat website sekolah

Saat semua elemen sudah siap. Anda kemudian dapat menambahkan konten dan informasi yang terkait dengan sekolah atau institusi pendidikan Anda. Di konsol, Anda dapat pergi ke halaman atau menambahkan konten baru untuk menambahkan halaman baru atau posting baru ke situs Anda.

Demikian artikel tentang cara membuat website sekolah tanpa bayar dan juga bagus. Jika Anda merupakan pemilik ataupun pengelola sekolah terutama yang berada didaerah dan belum mempunyai website sekolah,

Anda bisa mendaftarkan sekolah Anda untuk mendapatkan website sekolah gratis. Meskipun gratis, jangan disangka websitenya abal-abal ya! Website sekolah gratis ini hasilnya bahkan sangat bagus dan professional layaknya website berbayar yang mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *