[Pribadi] Penipuan Berkedok Bank Mandiri Oleh Akun CS Mandiri Bodong

Hari selasa 22 juni 2021 pagi saya mengecek saldo rekening via aplikasi livin.

Heran kok ada potongan 4.500 sebanyak 6x dan sebelumnya pernah 3x masih di bulan yang sama. Tentuya penasaran dong pengen tau biaya admin apa ko terus menerus. Lalu inisiatiflah saya untuk menanyakan lansung pada pihak bank Mandiri . Lalu saya mencari social media bank mandiri via instagram.

Saya nemu dan yakin ini akun resmi karena centang biru dan followernya sudah banyak. Nge-DM lah sy dan bertanya langsung maksud  dari potongan itu apa?

Kenapa terus menerus? apa memang perhari, perminggu? pertransaksi? apa gimana? kok dalam sebulan jadi 9x 4500. Kan lumayan besar takutnya tiap minggu berulang terus.

Akun instagramnya @bankmandiri ada centang birunya. Dan akun @mandiri_sekuritas sama ada centang birunya.

Pukul 12.54 saya me-DM keduanya hampir bersamaan. Selang beberapa menit tidak ada respon. Lalu munculah notif pukul 13.03 dari akun @bankmandiri percis tanpa spasi dan berlogo sama bank mandiri.

Disana ada balasan untuk menghubungi Bank Mandiri Customer Care dan disertakan link no WA. Saya gak ngeuh itu ternyata akun mandiri yang berbeda.

Penipuan Akun Bodong CS Bank Mandiri

Saya klik lah link WA tersebut dan kembali mengajukan pertanyaan sesuai di DM. Responya sangat cepat sekali katanya dia akan menghubungi untuk info lebih lanjut.

Nah selang beberapa detik, bunyilah HP saya dan saya angkatlah via telp WA. Ada suara CS-nya seorang laki-laki. Seperti biasa basa basi, baik ibu kami akan bantu proses pengecekan terlebih dahulu mohon informasikan nomor rekening ibu.

Saya belum ngeuh ini tuh penipu, saya kasih lah info nomor rekening. Dan lanjut CS ini pun meminta untuk memfotokan kartu ATM bolak balik dan saya manut-manut aja. Sambil fotoin via wa, telp jangan ditutup ya, kata penipu ini karena telp ini direkam oleh perusahaan, katanya.

Penipuan Akun Bodong CS Bank Mandiri

Tanpa ada rasa curiga karena sebelumnya saya juga pernah mendapatkan pelayanan CS bank via telp tapi bank yang lain.

Disini saya belum curiga nah kemudian bertanyalah si penipu ini. “Ibu mohon informasikan saldo terakhir ibu saat sebelum dan setelah terpotong biaya admin” yang ibu tanyakan itu saya masih polos dan untungnya saldo di rekening saya sedang ada sedikit karena sudah ditarik tunai.

Nah mulailah si penipu ini melancarkan rencananya kembali “oh ibu mohon maaf untuk dibuatkan pengecekan pelaporan saldo rekening meski diatas satu juta baru bisa di proses” katanya. Mulai rada bindeng kok persyaratan bank harus ada saldo tertentu dulu.

Saya meng-iyakan saja permintaan si penipu ini, “oh gitu ya pa boleh tapi saya ga punya saldo segitu” kata saya. Sekarang si penipu tetap gigih dan bilang bisa pinjam rekening lain kok bu yang saldonya diatas satu juta.

Misal rekening orang tua juga boleh” katanya, (loh koh bisa pinjem pake rekening selain punya sendiri guman dalam hati) saat di telp saya iyakan aja oh gitu boleh pinjem rekening siapa aja ya pa? betul bu untuk kami proses silahkan bu kami tunggu secepatnya untuk di proses ditutuplah telepon WA tersebut.

Penipuan Akun Bodong CS Bank Mandiri

Saya langsung cek dm instagram mandiri dan ternyata disini saya baru ngeuh. Kalau yang follow up saya ini bukan dari akun instagram resmi Mandiri. Cuma memang namanya sama dengan akun Mandiri asli.

Pintarnya mereka kok bisa nyambung antara Mandiri resmi dengan akun Mandiri bodong?

Saya cek di DM akun intagram resmi belum ada balasan, makin yakin dech ini penipuan livin Mandiri. Langsung saya blokir nomor WA-nya dan saya tarik lagi foto ATM saya. Untungnya chat WA nya belum lama, jadi bisa tarik lagi kiriman gambar yang di kirim.

Hari esoknya saya cek lagi akun mandiri palsu itu berubah nama menjadi penguna instagram bukan nama bankmandiri lagi

Penipuan Akun Bodong CS Bank Mandiri

Sayangnya saya tidak keburu screenshoot saat namanya saat masih bank mandiri. Nama akun usernya masih bankmandiri488. Saat saya cek ulang profil tidak ada postingan pengikut maupun yang mengikuti.

Padahal sebelumnya ada followernya 2 orang dan memfollow 155.Duh emang dasar akun abal-abal dibuat sengaja buat nipu. Habis itu akunya langsung di delete lagi sepertinya.

Alhamdulilah bisa di beri keselamatan dari pencobaan penipuan ini.

Tipsnya : dalam transaksi online apapun, kita meski waspada jangan mudah percaya sekalipun atas nama instansi resmi.

Terus kitanya wajib tenang supaya bisa berpikir jerih. Jika ada telepon yang mendesak untuk ambil keputusan. Harus berani katakan tidak dan bilang saya mau pikirkan dulu. Sekalipun diberi embel-embel hadiah. Karena kalau kitanya cepat berikan keputusan maka celah penipuan bisa terjadi.

Apalagi kita diminta menginformasikan informasi saldo rekening kita. Itu pasti penipuan, kecuali saat kita berada di CS kantor bank langsung.

Kita meski tegas dan bilang minta waktu ya pa supaya kita bisa ada jeda tanya sana sini apakah yang kita alami ini benar apa tidak kita bisa cari lewat internet informasi-informasi jenis penipuan

Semoga kita semua bisa lebih hati-hati lagi ya dan senantiasa terhindar dari penipuan mengatasnamakan Bank Mandiri.

salam hangat

Sali Saputra

6 Comments

    1. sama sama kak, semoga tidak ada lagi korban lainnya. Boleh bantu share ya, siapa tahu ada yang belum tahu. Makasih

  1. Kejadian nya sama seperti saya berawal dari playstore lalu ada Gmail masuk mengatasnamakan mandiri
    Lalu mereka minta no wa no kartu, valid thru dan mereka menghubungi saya tidak lama kemudian tersebutlah 50 juta padahal tidak ada otp masuk by SMS
    Yg salah saya cuma isi link user id dan password karena saya tidak tahu itu penipuan karena mirip dengan aplikasi mbanking mandiri
    Walaupun bagaimana juga seharusnya bank mandiri bisa kasih kebijakan kepada nasabah nya
    Sementara kita pengguna Livin aktif bayar kuota kenapa dari awal tidak ada sosialisasi notifikasi ttg kasus seperti ini ??apa sengaja tunggu ada korban??kecewa saya dengan Bank mandiri Karena sistem keamanannya masih terbuka lemah

  2. Hari ini juga saya habis tertipu , utk pengiriman besar seperti 10jt kenapa gak ada konfirmasi gitu ya dari mandiri.. memang betul sistem mandiri masih lemah kata saya karna si penipu kok tau isi dari sms 3355..
    Dia sengaja buru buru gitu dan nelponin terus. Bodoh banget saya. Dan nelpon cs mandiri pun ya tergantung itikad baik dari si penipu itu katanya saat saya tanya apa bisa balik uang saya yg 10jt itu.. :’( karna hanya itu saja uang saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *