5 Helm Half Face Ringan untuk Berkendara Harian: Perlindungan yang Nyaman dan Efektif

Helm adalah salah satu perlengkapan penting yang harus digunakan saat berkendara, baik itu di jalan raya atau di jalanan off-road. Khususnya untuk pengendara sepeda motor, helm tidak hanya berfungsi sebagai pelindung kepala dan wajah, tetapi juga sebagai alat untuk meningkatkan keselamatan.

Namun, saat ini banyak jenis helm yang beredar di pasaran, dan bagi sebagian orang, memilih helm yang tepat bisa menjadi sulit. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas helm half face ringan untuk penggunaan sehari-hari.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang helm half face ringan, termasuk jenis-jenisnya, kelebihan dan kekurangannya, serta manfaat dan fungsi yang dimilikinya.

Selain itu, artikel ini juga akan membahas tips memilih helm yang tepat dan cara merawatnya agar tetap awet dan dapat digunakan dengan maksimal.

Baca juga : Inilah Helm Yang Ringan Dipakai Dengan Kualitas Premium!

Apa itu Helm Half Face Ringan?

A. Definisi

Helm half face ringan adalah jenis helm yang menutupi bagian atas kepala dan sebagian wajah, tetapi tidak menutupi seluruh wajah dan leher.

Helm jenis ini umumnya memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan helm full face atau helm off-road.

B. Jenis-jenis Helm Half Face Ringan

Helm half face ringan tersedia dalam berbagai jenis, seperti helm open face, jet, dan modular. Helm open face memiliki desain yang simpel, dengan bagian yang menutupi telinga dan bagian belakang kepala yang lebih panjang.

Helm jet, juga dikenal sebagai helm 3/4, menutupi seluruh bagian atas kepala dan wajah, tetapi tidak menutupi bagian bawah rahang.

Sedangkan helm modular adalah helm yang dapat dibuka bagian dagunya sehingga pengendara dapat berbicara atau bernapas dengan lebih mudah.

C. Kelebihan dan Kekurangan Helm Half Face Ringan

Kelebihan helm half face ringan adalah ringan dan nyaman digunakan, terutama untuk perjalanan jarak pendek atau dalam kecepatan rendah. Selain itu, helm jenis ini juga lebih mudah untuk diangkat atau dilepas, sehingga lebih praktis dan efisien.

Namun, kelemahan dari helm half face ringan adalah kurangnya perlindungan yang diberikan pada bagian wajah dan leher. Helm jenis ini juga tidak cocok untuk kecepatan tinggi atau perjalanan jarak jauh.

Fungsi dan Manfaat Helm Half Face Ringan

A. Melindungi Kepala dan Wajah

Salah satu fungsi utama dari helm half face ringan adalah melindungi kepala dan wajah pengendara dari benturan atau cedera akibat kecelakaan.

Baca Juga :  7 Helm yang Direkomendasikan untuk Performa Maksimal Motor Scoopy

Dengan menggunakan helm half face ringan, pengendara dapat mengurangi risiko cedera pada kepala dan wajah saat berkendara.

B. Meminimalisir Risiko Cedera Kepala dan Wajah

Selain melindungi kepala dan wajah, helm half face ringan juga dapat membantu mengurangi risiko cedera yang disebabkan oleh debu, kotoran, dan serangga yang terbang di jalan.

Helm jenis ini juga dapat membantu mengurangi risiko cedera pada kulit dan rambut akibat paparan sinar matahari dan angin.

C. Menambah Kepuasan Berkendara

Menggunakan helm half face ringan yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan dapat meningkatkan kepuasan berkendara.

Dengan helm yang tepat, pengendara dapat merasa lebih percaya diri dan nyaman saat berkendara, sehingga dapat menikmati perjalanan dengan lebih baik.

Baca juga : Temukan Rekomendasi Helm Half Face 2 Jutaan!

Rekomendasi Helm Half Face Ringan Untuk Harian

1. Kyt Galaxy Flat R Putih

Kyt Galaxy Flat R Putih - helm half face ringan untuk harian

Kyt Galaxy Flat R Putih adalah helm motor half face yang sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Didesain dengan gaya trendy, helm ini menawarkan tampilan yang modern dan stylish. Dengan motif solid pada paint-nya, helm ini memberikan kesan yang elegan dan minimalis.

Selain itu, kelebihan utama helm ini adalah ringan, sehingga nyaman saat digunakan dalam perjalanan jarak pendek maupun panjang. Jadi, bagi mereka yang mencari helm half face yang praktis dan nyaman untuk penggunaan sehari-hari, Kyt Galaxy Flat R Putih adalah pilihan yang tepat.

2. Zeus ZS-610

ZEUS ZS 610

Zeus ZS-610 adalah helm motor half face yang memiliki tampilan yang sangat ganteng. Dengan desain yang menarik dan modern, helm ini akan membuat pengendara motor terlihat stylish saat berkendara.

Helm ini dilengkapi dengan fitur double visor, sehingga pengendara dapat dengan mudah mengatur visor sesuai dengan kondisi cuaca. Dengan berat sekitar 1380 gram, helm ini cukup ringan dan nyaman digunakan dalam perjalanan jarak pendek maupun panjang.

Selain itu, helm ini juga dilengkapi dengan visor polikarbonat yang memberikan perlindungan yang baik terhadap sinar UV. Dengan adanya padding yang dapat dilepas, helm ini juga mudah untuk dibersihkan dan dijaga kebersihannya.

Bagi mereka yang mencari helm half face dengan tampilan yang ganteng dan fitur yang baik, Zeus ZS-610 adalah pilihan yang cocok.

3. KYT DJ Maru

KYT DJ Maru

KYT DJ Maru adalah helm motor half face yang sangat cocok untuk penggunaan harian. Helm ini memiliki desain yang ringan sehingga memberikan kenyamanan ekstra saat digunakan dalam perjalanan sehari-hari.

Dengan warna solid yang tersedia, helm ini memberikan tampilan yang simpel namun tetap stylish. Helm ini dilengkapi dengan kaca dan bagian dalam yang dapat dilepas, memudahkan pengguna untuk membersihkan dan menjaga kebersihan helm.

Selain itu, KYT DJ Maru juga memiliki sertifikasi SNI 1811-2007 dan DOT, menjamin keamanan dan kualitas yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Baca Juga :  Temukan Helm KYT Full Face yang Ideal untuk Perjalanan Jarak Jauh dan Mudik dengan Matic Anda

4. Honda Luxury Helmet

Honda Luxury Helmet

Honda Helm Luxury adalah helm motor half face terbaru yang menawarkan berbagai fitur unggulan. Didesain menggunakan bahan Plastic ABS High Impact, helm ini memberikan perlindungan maksimal terhadap benturan yang mungkin terjadi saat berkendara.

Dilengkapi dengan sistem double visor, pengendara dapat dengan mudah menyesuaikan visor sesuai dengan kebutuhan dan kondisi cuaca. Kaca helm ini juga dilengkapi dengan lapisan anti scratch dan anti UV, memberikan penglihatan yang jernih serta melindungi mata dari sinar UV berbahaya.

Dengan Honda Luxury Helmet, pengendara dapat merasakan kombinasi antara desain modern, keamanan, dan kenyamanan dalam satu helm half face yang terbaru.

5. Nolan N40-5

helm half face paling ringan

Nolan N40-5 adalah helm motor half face terbaik untuk tahun 2023 yang menawarkan berbagai fitur unggulan. Helm ini dilengkapi dengan Integrated Chin Straps yang memastikan kenyamanan dan keamanan saat digunakan.

Selain itu, helm ini juga siap untuk N-Com, yang memungkinkan pengendara terhubung dengan perangkat komunikasi dan hiburan saat berkendara.

Dengan sertifikasi SNI Approved, Nolan N40-5 menjamin keamanan dan kualitasnya telah memenuhi standar yang ditetapkan.

Jadi, bagi mereka yang mencari helm half face terbaik untuk tahun 2023, Nolan N40-5 adalah pilihan yang tepat dengan fitur-fitur yang mencakup kenyamanan, konektivitas, dan keamanan yang terjamin.

Baca juga : Rekomendasi Helm Half Face 500 Ribuan Terbaik di Indonesia 2023

Tips Memilih Helm Half Face Ringan yang Tepat

A. Ukuran Helm

Memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala sangat penting untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Pastikan untuk mengukur lingkar kepala dengan tepat dan memilih helm yang memiliki ukuran yang sesuai dengan hasil pengukuran tersebut.

B. Bahan

Bahan helm juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Helm half face ringan biasanya terbuat dari bahan polikarbonat, fiberglass, atau serat karbon.

Pastikan untuk memilih bahan yang kuat dan tahan lama, tetapi juga ringan dan nyaman digunakan.

C. Sertifikasi Helm

Pastikan helm yang akan dibeli sudah teruji dan bersertifikasi sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku, seperti DOT, ECE, atau Snell.

Sertifikasi ini menjamin bahwa helm telah lulus uji coba keselamatan yang ketat dan dapat memberikan perlindungan yang maksimal.

D. Fitur Tambahan

Beberapa helm half face ringan dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti pelindung mata, visor atau kaca spion, dan sistem ventilasi.

Pertimbangkan untuk memilih helm yang memiliki fitur tambahan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Perawatan dan Pemeliharaan Helm Half Face Ringan

A. Membersihkan Helm

Membersihkan helm secara teratur sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan saat digunakan.

Gunakan sabun ringan dan air untuk membersihkan bagian dalam dan luar helm, lalu keringkan dengan kain lembut.

Baca juga : Cara Membersihkan Helm Yang Lecet dan Kusam

B. Menyimpan Helm

Simpan helm di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung. Hindari menempatkan helm di tempat yang terlalu panas atau terlalu lembab, karena hal ini dapat merusak bahan dan fitur helm.

C. Mengganti Helm yang Sudah Tua atau Rusak

Helm yang sudah tua atau rusak dapat mengurangi tingkat perlindungan dan keselamatan saat berkendara. Pastikan untuk mengganti helm yang sudah tua atau rusak dengan helm yang baru dan sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top