Helm Half Face yang Stylish dan Nyaman Digunakan: Model Terbaru yang Bisa Anda Coba

Helm merupakan salah satu perlengkapan wajib bagi pengendara motor untuk melindungi kepala dan wajah dari benturan dan kecelakaan. Salah satu jenis helm yang banyak digunakan adalah helm half face.

Helm ini memiliki bentuk setengah lingkaran yang menutupi bagian atas kepala dan sebagian wajah, tetapi tidak menutupi dagu. Helm half face ini populer dikalangan pengendara motor karena tampilannya yang stylish dan nyaman digunakan.

Namun, seperti halnya jenis helm lainnya, helm half face juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum memilih jenis helm yang tepat.

Artikel ini akan membahas jenis-jenis helm half face serta kelebihan dan kekurangannya.

Jenis-jenis helm half face

A. Helm Half Face Polos

Helm half face polos adalah jenis helm yang tidak dilengkapi dengan kaca helm atau pelindung dagu. Helm ini biasanya hanya memiliki lapisan busa di dalamnya sebagai penyerap kejut.

Helm jenis ini umumnya lebih terjangkau harganya daripada helm half face yang dilengkapi dengan aksesori tambahan.

B. Helm Half Face dengan Kaca Helm

Helm half face dengan kaca helm adalah jenis helm yang dilengkapi dengan kaca yang menutupi seluruh bagian muka dan mata pengendara.

Kaca helm ini dapat dilengkapi dengan pelindung mata atau lensa dengan lapisan anti-kabut untuk melindungi pengendara dari sinar matahari dan hamburan cahaya. Kaca helm dapat diganti dengan mudah jika rusak atau kotor.

C. Helm Half Face dengan Pelindung Dagu

Helm half face dengan pelindung dagu biasanya terdiri dari dua bagian: kaca helm dan pelindung dagu yang terbuat dari bahan keras seperti plastik atau logam.

Baca Juga :  Inilah 12 Contoh Terbaik Kata Kata Promosi Tour and Travel

Pelindung dagu ini dapat menutupi bagian dagu dan menambah perlindungan bagi pengendara pada bagian bawah wajah.

D. Helm Half Face dengan Ventilasi

Helm half face dengan ventilasi adalah jenis helm yang dilengkapi dengan ventilasi untuk membantu sirkulasi udara di dalam helm.

Ventilasi ini dapat membantu mengurangi rasa panas dan lembap yang biasa terjadi saat mengenakan helm selama berjam-jam. Helm jenis ini cocok digunakan di daerah yang panas dan lembap.

Kelebihan helm half face

A. Lebih Nyaman Digunakan di Daerah Tropis

Helm half face lebih nyaman digunakan di daerah tropis karena memberikan sirkulasi udara yang lebih baik pada bagian atas kepala dan wajah.

Saat digunakan dalam waktu yang lama, helm jenis ini tidak membuat pengendara merasa kepanasan dan lembap seperti saat menggunakan helm full face.

B. Memiliki Berat yang Lebih Ringan

Helm half face umumnya memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan helm full face. Bobot yang ringan membuat helm jenis ini lebih nyaman digunakan dalam waktu lama dan tidak memberikan beban yang berlebih pada kepala pengendara.

C. Memiliki Tampilan yang Lebih Stylish

Helm half face memiliki tampilan yang lebih stylish dan modern dibandingkan dengan helm full face.

Banyak pengendara motor yang memilih helm jenis ini karena tampilannya yang menarik dan dapat menambah gaya pada penampilan saat berkendara.

D. Lebih Mudah Dibersihkan

Helm half face memiliki bagian yang lebih sedikit dibandingkan dengan helm full face, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Bagian kaca helm atau pelindung dagu pada helm jenis ini dapat dilepas untuk dibersihkan dengan mudah.

Kekurangan helm half face

A. Tidak Memberikan Perlindungan Penuh pada Wajah dan Dagu

Kekurangan utama dari helm half face adalah tidak memberikan perlindungan penuh pada wajah dan dagu.

Kondisi ini berbeda dengan helm full face yang dapat memberikan perlindungan pada seluruh bagian kepala dan wajah. Hal ini dapat meningkatkan risiko cedera pada wajah atau dagu saat terjadi benturan atau kecelakaan.

B. Kurang Cocok Digunakan Saat Cuaca Dingin atau Hujan

Helm half face kurang cocok digunakan saat cuaca dingin atau hujan karena bagian wajah dan dagu tidak terlindungi.

Baca Juga :  Terbaru! Daftar Harga Sambal Roa Kemasan Terkini di Pasaran

Pengendara mungkin akan merasa tidak nyaman dan mengalami kedinginan saat berkendara dalam kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

C. Tidak Dapat Digunakan untuk Melindungi dari Serpihan atau Debu

Helm half face tidak dapat digunakan untuk melindungi dari serpihan atau debu saat berkendara. Serpihan atau debu dapat masuk ke dalam helm dan menimbulkan ketidaknyamanan pada pengendara.

Selain itu, debu atau serpihan juga dapat mengganggu pandangan pengendara dan mengurangi konsentrasi saat berkendara.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih helm half face

A. Ukuran Helm

Ukuran helm sangat penting untuk memberikan kenyamanan saat digunakan dan memberikan perlindungan yang maksimal pada pengendara. Pastikan memilih ukuran helm yang sesuai dengan ukuran kepala Anda.

Ukuran helm yang tidak pas dapat mengganggu pengendara saat berkendara dan mengurangi efektivitas helm dalam memberikan perlindungan.

B. Bahan Pembuatan Helm

Bahan pembuatan helm juga perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi kualitas dan keamanan helm.

Pilihlah helm half face yang terbuat dari bahan yang berkualitas dan tahan lama seperti fiberglass, carbon fiber, atau polikarbonat.

C. Kualitas Kaca Helm

Bagian kaca helm pada helm half face sangat penting untuk memberikan visibilitas saat berkendara.

Pastikan memilih helm dengan kaca helm yang berkualitas dan jernih agar pengendara dapat melihat dengan jelas saat berkendara. Kaca helm yang berkualitas juga dapat memberikan perlindungan pada mata dari sinar UV yang berbahaya.

D. Jenis dan Kualitas Pengikat Helm

Pengikat helm juga perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi keamanan saat berkendara. Pastikan memilih helm dengan pengikat yang kuat dan mudah digunakan seperti pengikat D-ring atau micrometric.

Pengikat helm yang baik dapat memastikan helm tetap aman dan tidak terlepas saat terjadi benturan atau kecelakaan.

Kesimpulan

Dalam memilih helm half face, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti ukuran helm, bahan pembuatan helm, kualitas kaca helm, dan jenis serta kualitas pengikat helm. Helm half face memiliki beberapa kelebihan seperti lebih nyaman digunakan di daerah tropis, memiliki berat yang lebih ringan, serta tampilan yang lebih stylish.

Namun, helm half face juga memiliki kekurangan seperti tidak memberikan perlindungan penuh pada wajah dan dagu serta tidak cocok digunakan saat cuaca dingin atau hujan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih helm half face yang tepat untuk memastikan keselamatan saat berkendara motor.

Ingatlah selalu untuk menggunakan helm saat berkendara dan menjaga keselamatan diri dan orang lain di jalan raya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top