Virus Corona – Kenali Cara Penularannya dan Cara Mencegahnya

Virus Corona – Kenali Cara Penularannya dan Cara Mencegahnya

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

Gejala yang paling umum: demam, batuk kering dan kelelahan. Virus corona pertama kali pada 17 November 2019 di provinsi Hubei, China.

Cara Penularan Virus Corona :

1. Penularan virus corona melalui droplet

saat seseorang batuk, bersin, bernyanyi, berbicara, hingga bernapas. Ada partikel kecil yang terbawa oleh udara. Pastikan menjaga jarak dengan orang lain agar terhindar dari dropletnya.

2. Melalui udara

Sampai WHO juga sudah mengakui dan terbukti bahwa virus Corona bisa menyebar melalui partikel-partikel kecil yang melayang di udara.

3. Melalui permukaan yang terkontaminasi

benda di tempat umum yang sudah di sentuh oleh orang positif corona, akan terkontaminasi jika kemudian anda sentuh dan lantas menyentuh muka. Karena virus akan menemukan inang baru.

Pastikan selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kemudian jangan sampe menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.

4. Melalui kotoran atau limbah manusia

urine dan feses orang dengan status positif corona bisa membawa partikel virus corona. Meskipun belum ada laporan bahwa ada orang yang tertular dengan cara ini.

Agar terhindar dari corona, senantiasa perhatikan hal ini :

Saat Kontak dengan Benda yang Sering Tersentuh

Tahukah anda, bahwa COVID-19 dapat bertahan hidup hingga 3 hari dengan menempel pada permukaan benda.

Tangga, ATM, Lift, gagang pintu merupakan benda yang umum sekali kita pegang. Bagaimana jadinya kalau salah satu yang pegang benda tersebut ternyata positif covid-19.

Ketika di pegang oleh kita, virus akan menempel dan menemukan inang baru. Makanya jangan sampe abai dengan cuci tangan sampe bersih.

Wajib Menjaga Kebersihan Tangan

Sebetulnya kalaupun tidak ada viris corona, tangan akan selalu menjadi bagian dari tubuh yang rentan sekali dengan sumber penularan kuman.

Bagaimana tidak, karena tangan merupakan organ yang palig banyak berinteraksi, bersentuhan baik sengaja atau tidak sengaja. Kontak dengan benda atau dengan manusia lainnya.

Misal pegang ATM, lift, tangga dan lainnya.

Karenanya penting sekali melakukan cuci tangan. Kalau saya biasanya mewajibkan kalau habis dari luar rumah, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu.

Jangan coba-coba sentuh anak anda kalau pas baru nyampe rumah dari kantor. Wajih cuci tangan dahulu. oke

Wajib Menjaga Kebersihan Setelah Bepergian

Hal paling aman supaya virus coron tidak terbawa kepada keluarga anda. Jika setelah bepergian, ganti pakaian yang anda kenakan saat diluar ruangan dengan pakaian bersih.

Menjaga jangan sampai, ketika anda diluar, kemudian ada virus yang menempel di pakaian malah terbawa sampai ke rumah dan menginfeksi anak-anak, kan ngeri sekali.

Wajib Menerapkan Etika Saat Batuk dan Bersin

Bahkan sebelum ada corona, etika saat bersih adalah dengan menutupnya dengan telapak tangan atau punggung tangan. Jangan sembarangan menempelkan tangan setelah bersin karena ada droplet yang terbawa disana, virus akan ikut menempel pada benda yang anda pegang.

Makanya penting sekali memakai masker.

Achmad Yurianto mantan Jubir COVID-19 menjelaskan memakai masker bisa menurunkan resiko kena corona :

  • Pertama, apabila seseorang yang membawa virus (OTG) tidak menggunakan masker dan melakukan kontak dekat dengan orang rentan maka kemungkinan penularan mencapai 100 %.
  • Kedua, orang yang sakit pakai masker, sementara kelompok rentan tidak memakai masker maka potensi penularan mencapai 70%,
  • Ketiga, orang sakit pakai masker, sementara orang sehat tidak pakai masker maka tingkat penularannya hanya 5 persen.
  • Keempat, jika keduanya pakai masker, maka potensi penularan hanya 1,5%.

Vaksin Corona

Mengutip dari detik.com, ada 1,2 juta vaksin COVID-19 yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (6/12/2020).

Pemerintah menetapkan enam vaksin corona untuk dipakai di Indonesia. Adalah vaksin buatan Bio Farma, Sinovac, Pfizer, Sinopharm, Moderna, dan AstraZeneca.

Halodoc

Upaya pencegahan itu wajib kita lakukan sebagai bentuk ikhtiar kita. Namun apakah dengan mencegah penularan covid-19 akan otomatis menghilangkan kemungkinan kita terkena corona? Pastinya tidak, karena segala kemungkinan itu tetap saja ada meskipun kita sudah berupaya maksimal dalam pencegahan.

Sebagai upaya lanjutan untuk memastikan kesehatan anda dan keluarga, tidak ada salahnya untuk melakukan cek kesehatan ke dokter.

Tidak usah khawatir karena zaman sekarang semua bisa di lakukan dengan hanya menggunakan smartphone anda. Termasuk berkonsultasi dengan dokter.

Gunakan saja aplikasi Halodoc karena tersedia layanan yang jadi favorit : Halodoc Konsultasi Dokter.

  • Chat Dokter
  • Beli obat
  • Buat janji dengan dokter
  • Cek lab di rumah

dan masih banyak fitur bermanfaat yang dapat anda peroleh.

Akhir kata

Semoga kita semua terhindar dari virus corona, lakukan pencegahan dan senantiasa jaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *