Code Of Conduct dan Prinsip Berkomunitas

Code Of Conduct dan Prinsip Berkomunitas

1. Apa itu CoC atau Code Of Conduct?

Pada Materi ke dua di kelas Pra bunda sayang pada Wahana Surfing

(berselancar)  ini kembali disampaikan tentang CoC atau singkatan dari Code Of Conduct, pada kelas matrikulasi sebelumnya pun telah sisampaikan materi CoC ini dan ternyata disini dapat saya pahami CoC dalam aspek kehidupan sangat perlu di terapkan tidak hanya di komunitas Institut Ibu Profesional. Menjadi sangat penting dan juga perlu di ulang-ulang, kenapa ? karena CoC ini akan menuntun kita tetap dalam koridor  yang semestinya apalagi di jaman sekarang dimana media informasi sangat mudah dan cepat sekali di akses sehingga dalam berkomunitas di institut ibu professional pun  tidak menutup kemungkinan akan ada  banyak gesekan dari interaksi antar anggota, meskipun lebih sering berinteraksi secara Online banyak sekali terjadi anggota yang baper, menjadi silent reader, bahkan left grup tanpa permisi nah dengan adanya CoC ini seperti menjaga kita agar tetap bisa menjaga adab-adab dalam berkomunitas dan mencegah perilaku-perilahu yang tuna adab.

Dapat  Disimpulkan dalam pengertian bahasa Indonesia CoC diartikan pedoman perilaku bermartabat, berisi beberapa aturan yang dibuat dipahami dan disepakati bersama hingga menjadi komitmen bersama.

2. Tujuan dibuatnya CoC  di Ibu Profesional sebagai:

  • Bentuk normatif (Pedoman perilaku bermartabat)
  • Bentuk Preventif (Mencegah terjadinya pelaggaran hukum)
  • Bentuk Kuratif (Menyelesaikan tantangan yang muncul akibat adanya gesekan antar individu)

3. Prinsip berkomunitas

Ada 5 poin penting yang meski di hindari dalam berkomunitas di institut ibu professional

  1. Tidak mengkritik Pemerintah
  2. Tidak melakukan Ghibah dan Fitnah
  3. Tidak menyinggung SARAT (Suku, Agama, Ras, Adat dan bentuk Tubuh)
  4. Tidak membicarakan Khilafiyah (Pembahasan yang tidak pernah berujung)
  5. Tidak menghadirkan Konflik Kepentingan

4. Jurnal Diri Berkaitan Dengan CoC

  • Sebagai Member Di Ibu Profesional saya meski menjaga nama baik Nama Ibu Profesional menjalankan keanggotaan dengan baik dan dengan semestinya karena akan menjadi role of model bagi yang belum menjadi member.
  • Sebagai mahasiswa di perkuliahan Institut ibu profesional diantaranya kelas bunda sayang yang kan di tempuh saat ini saya meski berperilaku bermartabat diantaranya: memiliki adab yang baik (hadir tepat waktu, menghargai fasilitator perkuliahan, mengosongkan gelas meski ilmu yang di bahas pernah didapat, mengerjakan tugas dari fasilitator dengan baik  dan bersungguh-sungguh ), aktif (tidak silent reader) dan bertanggung jawab dalam perkuliahan, publikasi materi yang bermartabat dan bertanggung jawab tidak asal copas dan senantiasa menyertakan sumber ilmu.

Sumber :

  • Materi Pra bunsay Prinsip Berkomunitas dan Code Of Conduct via Live FB Grup Pulau Cahaya Bunda Sayang Fasilitator / Widyaiswara Kasihani dan Ratna Palupi 3 Agustus 2020 pukul 14:00 – 15:00 WIB
  • E-Book Panduan Code Of Conduct Institut Ibu Profesional (HIMA) 25 halaman edisi revisi #1, April 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa di bantu?