KOMUNIKASI PRODUKTIF DAY 13

Tantangan hari ke 13 pada zona #1 perkuliahan bunda sayang

            di hari ke 13  tantangan ini  kembali memilih komunikasi produktif pada anak dan temuan kali ini khusus arsyila dengan bahasan “kasih tahu mama kalau perut mules”

  • Gunakan kalimat yang jelas dan ringkas
  • Perhatikan intonasi
  • Ungkap apa yang kita inginkan
  • Nasehat dengan refleksi masa lalu

 (Sumber live FB kakawi sesi 1 tri putri yuliarty dan sesi 2 Achya nauratika pada senin 31 agust 20 14.00-15.00)

Praktek komunikasi produktif

Arsyila(2,5th)

            Pada hari ini ada kejadian dimana arsyila yang sudah dianggap lulus toilete training nyatanya malah terjadi pup di celana, kedadian ini baru pertamakali terjadi semenjak dari awal belajar toilete training Alhamdulilah selalu lolos ketika mau pup selalu menujukan keinginanya untuk pup dengan menggoyangkan badan dan memegang mis v sambil berkata” mama-mama mama” dengan ekspresi menahan pipis atau pup yang mau keluar. Saya merasa lega alhamdulilah toilete training arsyila ga banyak drama berceceran pup hanya pas awal-awal sering bocor karena belum busa mengungkapkan keinginan pipisnya dan belum bisa menahan saat hendak menuju kamar mandi.

             Dan ternyata baru hari ini terjadi, dan setelah ditelusuri memang banyak factor hasil dari pengamatan sendiri

  1. Di hari sebelumnya arslila belum pup, pas tadi pagi biasanaya langsung pup ini engga dan berlangsung sampai menjelang sore
  2. Seharusnya kedepanya lebih waspada jika lebih dari 30 jam belum pup maka jam jam rawan keluar pup dari jam ke 32-36 jaga-jaga kembali lupa mengungkapkan terus di coba diajak ke kamar mandi untuk pup serta kenali dari mimik mukanya (biasanya mimik muka Arsyila saat hendak pup agak berkaca-kaca sambil sedikit termenung)
  3. Pas pup di celanya terjadi di jam bada magrib menjelang isya arsyila sudah terlihat ngantuk dan lelah sehingga mengungkapkan “mama ee(pup)” dan nyatanya ungkapan itu saat setelah pup nya keluar
  4. Biasanya memang jika belum pup lebih dari 32 jam gerak gerik arsyila tak luput dari pengawasan kali ini memang luput karena sedang membimbing kakanya belajar sebelum tidur.

Berikut percakapan saya dan arsyila setelah selesai dibersihkan

Mama: “arsyilaaa.. Oia kenapa tadi ee nya di celana? (sambil didudukan di pangkuan) harusnya sebelum keluar eenya bilang dulu ya

Arsyila : “alim bilang dulu” (engga mau)

Mama : “oh kenapa, kan nanti celanya jadi kotor, ikh juga bau kan ya ee nya (sambil di tepuk-tepuk halus pantatnya)

Arsyila : “alim bilang dulu” (malah di ulang)

Mama: “ nah gini, nanti kalau perutnya mules disini terasa tititit (sambil ngelus-ngelus perut arsyila )itu tandanya mau keluar ee, nanti mah bilang ke mama ya gini bilangnya “mama arsyila mules mau ee” hayu sama-sama ke wc” coba arsyila ulang gimana bilangnya?

Mama: “mama”

Arsyila : “mama”

Mama: “arsyila”

Arsyila : “asila”

Mama: “mules”

Arsyila : “uyes”

Mama: “mau”

Arsyila : “mau”

Mama: “ee”

Arsyila : “ee”

Mama: “hayu”

Arsyila : “hayu”

Mama: “sama-sama”

Arsyila : “ama-ama”

Mama: “ke wc”

Arsyila : “ke wc”

Nah pinter nanti lagi gitu ya (sambil di peluk dan sun pipi), alhamdulilah hari ini cukup puas meski kesepakatan perlu pembuktian di hari berikutnya maka bintangku hari ini terisi empat.

 “Sali Saputra”

#harike-13
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa di bantu?