KOMUNIKASI PRODUKTIF DAY 5

Tantangan hari ke 5 pada zona #1 perkuliahan bunda sayang

            Pada hari ke 5 ini alhamdulilah adzkia sudah terlihat memberikan respon yang semakin  baik begitupun dengan arsyila rasanya di hari ke 5 ini bisa dikatakan hari yang paling mendekati target yang diharapkan saat setelah bangun pagi diajak pipis ke kamar mandi memang masih sedikit ada penolakan dan rengekan ga mau tapi lebih menunjukan sikap yang mudah di bujuk maka hari ini dirasa masih mempraktekan 5 point komunikasi produktif pada anak yaitu:

  • Gunakan kalimat yang jelas dan ringkas
  • Perhatikan intonasi
  • Ungkap apa yang kita inginkan
  • Jelas memberikan pujian dan kritikan
  • Ganti perintah dengan pilihan

(sumber live FB kakawi sesi 1 tri putri yuliarty dan sesi 2 achya nauratika pada senin 31 agust 20 14.00-15.00)

Praktek komunikasi produktif

Baca juga : komunikasi produktif day 4

Adzkia

Mama :”Adzkia hari ini mau nambah tabungan point bintang lagi?

Adzkia :” ia mau “

Mama: “wah asyik kalau gini terus papan bintangnya makin cepet-cepet penuh nich”

Adzkia : :” Yeaa, nanti bisa beli kue, adzkia mau beli ketoko sama mama ya”

Mama: “iya. Nah sekarang waktunya shalat dzuhur yuk kita shalat bareng-bareng, sekarang mama mau wudhu dulu”

Adzkia: “Adzkia jg mau wudhu dulu”

Mama: ”boleh”

Lalu kekamar mandi bareng dan mempraktekan wudhu sama-sama lanjut mengikuti gerakan shalat hingga selesai. Tak lupa setelah selesai shalat memberika pujian “alhamdulilah , Adzkia pinter sekali jg shaleha” ditambah pelukan sayang. Hari ini adzkia nambah 4 point bintang untuk presiasi dua kali ikut ibadah shalat berjamaah dan sekarang tinggal butuh ngumpulin 8 point bintang lagi supaya bisa pergi ke toko kue sama-sama sesuai kesepakatan.

Misi : COMPLETE

Arsyila

Arsyila : (bangun tidur)

Mama : “ekh udah bangun, alhamdulillah” (dengan meberikan senyuman ceria kemudian membacakan doa bangun tidur) saatnya kita pipis ke wc (sambil menyodorkan tangan tanda siap peluk dan gendong ke kamar mandi”

Arsyila : “alim pipis” kembali dengan nada rengekan

Mama: (belum nyampe 5 menit ) oh iya ga pipis ko Cuma ke wc aja,  nanti cuci tangan sama-sama yu (karena arsyila lagi seneng cuci tangan sendiri  pakai sabun)?

Arsyila : “ke wc”?

Mama: “ iyaa” (sambil mulai memeluk dari posisi tidur ke posisi duduk di pangkuan berikan sedikit sentuhan dan belaian ekh liat celana nya merosot !! digendonglah ke kamar mandi dan diturunkan dengan posisi berdiri sambil memeluk  paha kaki  )

Arsyila : “alim mama, alim pipis” (sambil menghentak-hentak kaki ke lantai kamar mandi dan ga lama langsung syuuurrrrr  ada air mancur keluar hii)”

Mama : “yeeee pinter sekali arsyila  bisa pipis di wc, yuk “ombeh”(bilas) dan cuci tangan”

Arsyila : “mana mama syabunnya, arsyila mau cuci tangan endili (sendiri)” (tetiba terlihat ceria dan senang menggosok2 sabun cair ditangan dan misi komunikasi produktif pipis pagi selesai.

            Saar siang pun arsyila ketika mau pipis menunjukan sikap mampu mendeteksi sendiri dengan menggoyangkan badan sambil pegang area mis v, saat ditanya mau pipis? Langsung meng iya kan “mau pipis” dan saat di bawa ke kamarmandi  betul-betul pipis Allahmdulilah begitupun  saat mau pup  kalau dari posisi duduk arsyila langsung berdiri dan menggoyakan badanya sambil pegang mis v, mau pipis? Dan langsung merespon “Enya (iya)” saat sudah ada di kamar mandi yang terlihat malah kentut dan keluarlah pup nya alhamdulilah atas progress komunikasi produktif  hari ini yang sesuai harapan walau masih menyisakan sedikit lagi PR pup dan pipisnya masih belum mau dalam posisi jongkok dan saat jadwal pipis pagi2 masih ada sedikit rengekan penolakan.

Bismilah semangat berproses lebih baik di hari esok dan selanjutnya

Misi : COMPLETE

“Sali Saputra”

#harike-5
#tantangan15hari
#zona1komprod
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa di bantu?