Kupas Tuntas Bisnis Oriflame

Kupas Tuntas Bisnis Oriflame

Apa itu Oriflame?

Oriflame ialah sebuah perusahaan kosmetik atau kecantikan alami berasal dari Swedia yang menawarkan berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit melalui jaringan penjual mandiri (independent sales force) atau kita sebut penjualan langsung (direct selling).

Bisnis yang didirikan pada tahun 1967  oleh dua bersaudara, Robert af Jochnick dan Jonas Af johnick. ini sudah beroperasi di lebih dari 63 negara diseluruh dunia Per januari 2020, termasuk Indonesia. Itu artinya Oriflame sudah 53th berdiri. Sehingga Saat ini Oriflame telah menjadi perusahaan kecantikan kelas internasional.

Oriflame masuk ke Indonesia sejak tahun 1987 di bawah PT. Orindo Alam Ayu. Dan berumur 33 tahun di tahun 2020 ini. Oriflame terdaftar sebagai anggota APLI (Asosiasi Perdagangan Langsung Indonesia) serta sudah Mengantongi sertifikat HALAL dari MUI.

Oriflame menawarkan peluang bisnis terkemuka untuk orang-orang yang ingin mulai membuat uang sejak hari pertama dan bekerja untuk memenuhi impian dan ambisi pribadi mereka melalui konsep bisnis yang unik – Make Money Today and Fulfil Your Dreams Tomorrow.

Menghormati humanity dan alam mendasari prinsip operasional perusahaan dan tercermin dalam kebijakan sosial dan lingkungan. Oriflame mendukung berbagai badan amal di seluruh dunia dan merupakan Co-founder World Childhood Foundation (Yayasan Anak-Anak Dunia yang didirikan oleh Queen Silvia di Swedia yang bertujuan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi anak – anak yang menderita di seluruh dunia).

Oriflame Cosmetics terdaftar di Nasdaq OMX Nordic Exchange dan sekarang pun Oriflame sudah mulai go-Green mengurangi kantong plastik, dalam setiap pembelanjaan produk oriflame menggunakan kantong berbahan kain dan kertas.

 

Apa Saja Produk Oriflame?

Oriflame memiliki delapan rangkaian produk yaitu :

  1. Make- up & Colour Cosmetics (Tata Rias). Seperti: Fondation, Bedak, Lipstik, mascara, bush on, eye liner dll
  2. Skin Care (Perawatan Kulit). Mengatasi masalah: kulit berjerawat, bintik-bintik hitam, kulit dg kerutan, kulit kering/berminyak, kulit kombinasi, kulit dengan noda bekas jerawat (Novage Oriflame) (pure skin) dll.
  3. Seperti: tas, jam tangan, kaca mata, sisir, gelang, kalung, scraft dll
  4. Fragrance (Wewangian). Parfum untuk laki-laki dan perempuan.
  5. Bath & Body Care (Perawatan tubuh). Seperti: body cream, deodorant, sabun mandi, pastagigi, dll.
  6. Hair Care (Perawatan Rambut). Berbagai jenis shampo, conditioner, hair tonic, dll.
  7. Wellbeing: Nutrisahake Minuman bernutrisi yang menyehatkan. Bisa untuk menjaga berat badan ideal, melangsingkan sekaligus menggemukkan dan Accessories wellbeing seperti tumbler, handuk dan tas
  8. Men : Per januari 2020 kini produk oriflame mengeluarkan rangkaian khusus produk-produk untuk kaum pria mulai dari skin care, body & hair care, accessoris, fragrance, Shaving & Grooming (Foam)

Produk-produk Oriflame bisa dipakai oleh anak-anak, remaja, kaum perempuan, kaum lelaki, semua usia. Untuk mengetahuinya lebih jauh, bisa langsung berkunjung ke https://id.oriflame.com/

 

Fakta-Fakta Oriflame:

  • Penjualan tahunan mencapai 1.5 Miliar Euro pertahun
    Memiliki kurang lebih Sekitar 3.600.000 Consultant / Member
  • Memiliki kurang lebih 7900 karyawan
  • Beroperasi lebih dari 63 Negara 13 diantaranya berbentuk Pranchise (Toko)
  • Memiliki Sekitar 1000 jenis produk
  • Co-founder World Childhood Foundation.
  • Global R & D Center dengan lebih dari 100 ilmuwan dan pakar ahli.
  • Produk berdasarkan bahan-bahan alami, tidak pernah diuji pada hewan
  • Memiliki 5 unit Pabrik besar di Swedia, Polandia, Cina, Rusia dan India
  • Bisnis yang luar biasa, memadukan kekuatan Direct Selling dengan Multi Level Marketing, yang dirancang secara mudah dan nyaman kerjakan Online maupun Offline
  • Peluang Sukses terbuka bagi siapapun baik pelajar, mahasiswa, ibu rumahtangga, karyawan dengan latar belakang berbeda ataupun gender karena memiliki waktu yang fleksibel dalam mengerjakanya.
  • Produk Oriflame berkualitas dan berstandar internasional karena memiliki Brand Image yang sangat baik di jajaran pasar kosmetik Indonesia dan internasional serta produknya telah memiliki Label Halal MUI.
  • Sistem yang mudah dikerjakan oleh siapa saja. Tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan atau keterampilan khusus di bidang ini asalkan ia mau belajar.
  • Prospek bisnis yang tergolong subur, dikarenakan produk kosmetik serta perawatan kulit berbahan dasar tumbuhan alami sudah menjadi trend dan kebutuhan utama hampir semua orang baik pria dan wanita di berbagai kalangan usia.
  • Modal awal bergabung terjangkau hanya Rp. 49.900, Anda tidak perlu membeli produk dalam jumlah besar untuk mencapai peringkat (Posisi peringkat tidak ditentukan oleh berapa besarnya uang pendaftaran atau pembelian produk dalam jumlah tertentu), sehingga sangat minim resiko mengalami kerugian dan sangat memudahkan para sponsor di Bisnis Oriflame mengembangkan jaringan.
  • Sistem pembayaran bonus yang fair, bukan Money Game, Piramida atau Binari. Siapapun memiliki peluang yang sama untuk bisa Sukses meskipun bergabung di belakang.
  • Bisnis Oriflame produknya nyata, perhitungan bonus dan penghasilan didapatkan dari pembelian produk (bonus bisa terus menerus karena kebutuhan produk setiap orang / repeat order ). Penghasilan bukan dari uang pendaftaran downline yang terjadi hanya sekali saja pada bisnis sejenis yang mengatasnamakan bisnis MLM.
  • Oriflame memberikan layanan kemudahan dan kenyamanan kepada seluruh membernya dalam mengembangkan jaringan bisnis serta dalam melakukan order. Oriflame memiliki situs cumulus untuk seluruh member untuk melakukan online order tanpa harus keluar rumah serta saat ini dilengkapi situs pribadi Personal Beauty Store ( mirip halnya Toko Online Pribadi)
  • Sistem kerjanya yang mudah, membuat Oriflame kerap dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan.

 

Bagaimana Cara Mengelola Bisnis Oriflame?

Cara Mengelola bisnis Oriflame terbagi menjadi dua tahapan, yaitu mulai dari pendaftaran dan tahapan memulai penjualan.

  1. Melakukan Pendaftaran

Melakukan pendaftaran dengan mengisi data pribadi dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp.49.900 atau Bisa daftar GRATIS dengan melakukan minimal pembelanjaan produk senilai Rp.300.000 produk tersebut boleh kita pakai sendiri ataupun dijual berupa orderan dari konsumen pribadi kita

Lalu bagaimana Cara Daftar Member Oriflame?

Berikut ini Persyaratan pendaftaran Oriflame:

Jika ingin bergabung dengan bisnis ini, pastikan usia kita sudah di atas 18 tahun dan memenuhi persyaratan berikut.

  • Melampirkan Kartu KTP (Dalam Bentuk Foto)
  • Membayar uang pendaftaran.
  • Mengisi data diri, mulai dari nama, alamat, tanggal lahir, nomor ponsel aktif, dan Alamat e-mail.

Syarat-syarat tersebut diberikan pada sponsor atau orang yang mengajak kita bergabung sehingga pendaftaranya bisa dibantu di daftarkan secara online

  1. Berjualan Produk

Setelah mendaftar, maka kita akan mendapatkan katalog dengan 2 versi : versi fisik berupa katalog buku dan versi katalog online. Bedanya jika bergabung di Nad Beauty Community / NBC (dulu dBC’N Oriflame) dilengkapi aneka Banner Promo yang siap pakai dan bisa dilengkapi nama dan nomor kontak pribadi yang bisa digunakan untuk berjualan produk Oriflame. Sehingga cara  penjualan produk Oriflame pun dapat dilakukan secara offline maupun online dan dapat mengajak orang lain untuk turut bergabung jika ingin mendapatkan gaji bulanan dari oriflame.

Cara Kerja Bisnis Oriflame

Ketika kita mengerjakan usaha ini, tentu kita mengharapkan dapat keuntungan. Nah, untuk mendapatkan keuntungan di bisnis Oriflame, maka kita harus menyusun strategi-strategi jitu. Yuk, simak apa saja strateginya:

  1. Berjualan langsung

Berjualan langsung kepada keluarga dan orang-orang yang terdekat di lingkungan sekitar. Seperti di perkumpulan arisan, ibu-ibu PKK, pada teman, sahabat dan lain – lain. Dengan berjualan langsung, kita bisa mendapatkan keuntungan sebesar 23% persen dari penjualan dan aneka hadiah dengan mengumpulkan poin dari tiap pembelanjaan. Rata-rata nilai poin dalam sebuah produk kurang lebih 8000 rupiah.

Contoh order produk lipstick seharga Rp. 100.000 maka kisaran poin yang kita dapatkan adalah kurang lebih 12 poin. Keuntungan penjualan langsung lipstick tersebut adalah 23% yakni jika dirupiahkan sebesar Rp. 23.000

  1. Mengembangkan jaringan

Karena konsep inti dari bisnis orilame adalah mengumpulkan poin maka untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis Oriflame kita mesti banyak mengumpulkan poin. Semakin banyak poin yang kita kumpulkan maka semakin banyak pula keuntungannya.

Sehingga cara naik Level Oriflame adalah dari banyak sedikitnya pengumpulan poin ini dan poin ini bukanlah hanya dihitung poin pribadi saja yang didapat dari order atau penjualan pribadi. Melainkan poin atau penjualan di grup dalam jaringan kita. Jadi layaknya seperti bekerja dengan team penjualan, jika point dalam jaringan kita banyak, maka kitapun otomatis naik level dan dapat memperoleh gaji bulanan dari oriflame.

Dengan syarat pencairan bonus kita pelakukan penjualan pribadi sebanyak 100 poin saja dan ini adalah bukti adilnya oriflame. Jika upline kita ga kerja alias ga jualan maka hasil penjualan jaringan tidak dapat dicairkan (istilahnya tidak ada gaji buta untuk para upline dan leader) sehingga Peluang bisnis Oriflame sangat menguntungkan bagi para membernya.

Berikut adalah beberapa keuntungan- Keuntungan member oriflame yang didapat:

  • Memperoleh Keuntungan Penjualan Langsung sebesar 23%
  • Berkesempatan memberoleh Hadiah Business Class yang merupakan hadiah dalam bentuk diskon 50% dari harga normal untuk produk pilihan sendiri jika berhasil mengumpulkan 150 poin pribadi dalam waktu satu bulan
  • Hadiah Welcome program khusus member baru

Untuk member baru yang bergabung, maka berhak mendapatkan hadiah welcome program (WP) Selama 3 bulan berturut-turut sesuai syarat dan ketentuan yang ada. Hadiah WP merupakan hadiah yang diberikan untuk setiap member baru, yang berhasil memenuhi syarat.

– WP 1 berupa Produk Oriflame kisaran harga Rp. 300.000

– WP 2 berupa Produk Oriflame kisaran harga Rp. 400.000,

– WP 3 berupa Produk Oriflame kisaran harga Rp. 500.000,

bebas memilih produknya sendiri Total hadiahnya sebesar 1,2 Juta namun tiap bulan promo WP ini terkadang berbeda-beda bisa saja jumlahnya lebih besar dari contoh diatas, baik bangeut ya ^-^

  • Gaji bulanan hingga Level 21% (7juta) setiap bulannya.
  • Bonus & reward dari pencapaian level, mulai dari Rp7 juta – Rp700 juta.
  • Jalan-jalan Keluar Negeri Gratis.
  • Berkesempatan Mendapat Cash Award Rumah & Mobil gratis.
  • Memiliki Success Plan dan Jenjang Karir
  • Bisnis bisa diwariskan kepada anak dan cucu.

Level, Bonus, dan Jenjang Karier di Oriflame

Mungkin bagi sebagian orang, Oriflame tidak ada bedanya dengan kerja di MLM. Namun, jika MLM di isukan dengan usaha yang hanya menguntungkan upline saja, Oriflame justru sangat berbeda. Ia memiliki perhitungan level dan bonus yang unik dan adil baik untuk upline maupun downline.

Sehingga siapa saja yang bekerja lebih keras disini ia yang kan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Tidak di hitung dari lamanya bergabung. Jadi disini sangat mungkin yang baru bergabung bonus penghasilannya bisa melebihi dari yang sudah lama bergabung (downline bisa melebihi upline).

Berikut ini adalah Tabel Sukses Plan Oriflame:

Min Poin Level Bonus Jenjang Karier
10.000 21% Rp.5 juta – Rp.7 juta Beauty Influencer Senior Manager
6.600 18% Rp.3 juta – Rp.4 juta Beauty Influencer Manager
4.000 15% Rp.1,8 juta – Rp.3 juta Beauty Influencer Manager
2.400 12% Rp.900 ribu – Rp.1,5 juta Beauty Influencer Manager
1.200 9% Rp.450 ribu – Rp.800 ribu Member Konsultan
600 6% Rp.250 ribu – Rp.400 ribu Member Konsultan
200 3% Rp.50 ribu – 100 ribu Member Konsultan
  1. Promosi di Sosial Media

Agar produk yang kita jualkan cepat laku di pasaran. Maka kita bisa melakukan promosi penjualan di media sosial pribadi, baik itu Facebook, Instagram, maupun Twitter, Status Whatsapp dll.

Kita juga bisa mempromosikan barang dagangan di berbagai forum atau menggunakan layanan iklan berbayar di media sosial. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang tertarik membeli produk kita

  1. Mengetahui Produk yang Kita Jual dengan Baik (Produk Knowledge)

Setiap penjual tentunya harus paham dengan produk dagangan yang ia dijual. Bayangkan saja, misal ada seorang pembeli yang bertanya produk apa yang cocok untuk kulitnya yang berjerawat, tapi kita sendiri tidak tahu seningga tidak bisa menjawab. Yang terjadi justru pembeli menjadi tidak percaya dengan kita serta batal membeli produk kita.

Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu produk yang akan dijual, seperti sering membuka katalog, dalam support sistem oriflame sendiri pun serta para leder di jaringan masing-masing akan membantu memberikan training. Bedah katalog dan produk knowledge disetiap bulannya yang tinggal kita ikuti sehingga kita bisa memahami kandungan produk.

Hingga mencari berbagai informasi terkait produk di internet. Apabila kita sudah menguasai produk knowledge pastinya proses berjualan akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.

  1. Membuat Review Produk

Di zaman serba Online sekarang ini sudah banyak pembeli yang pintar, tidak hanya karena iming-iming murah langsung percaya dan membeli, namun kini banyak pembeli yang mencari review tentang apa pun di internet sebelum mereka membeli sesuatu.

Sehingga supaya produk jualan kita dapat dipercaya, disarankan kita membuat review produk yang akan dijual di blog pribadi atau pun bisa di social media. Tinggal beri ulasan yang menarik, jujur dan memberi banyak informasi maka pembeli akan  percaya dan langsung tertarik.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Oriflame

Setiap bisnis pastinya punya kelebihan dan kekurangan, termasuk bisnis Oriflame juga. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

  1. Kelebihan

Bagi yang sedang mencari penghasilan tambahan, bisnis Oriflame memang bisa menjadi pilihan. Sebab kita bisa mendapatkan komisi dari penjualan, ditambah penghasilan tambahan dengan mengundang atau mengajak teman untuk ikut bergabung. Selain itu, kelebihan atau Peluang Bisnis Oriflame lainnya yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Risiko gagal yang sangat kecil.
  • Pasar sangat Luas karena Masih banyak orang yang mencari produk kecantikan maupun perawatan tubuh.
  • Tidak perlu menyiapkan karyawan.
  • Tidak perlu menyiapkan perlengkapan atau peralatan kerja, karena bisnis yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja cukup dari HP
  • Biasa dikerjakan Full Online Tidak perlu keluar rumah
  • Biaya operasional rendah.
  • Tidak harus menyediakan web dan banner produk sendiri karena sudah disediakan dan bisa di akses secara gratis
  • Bisa mendapatkan berbagai jenis skin care dengan harga murah.
  • Mendapatkan banyak bonus penjualan dari poin yang didapatkan dari membangun team penjualan.
  • Support system yang lengkap baik online maupun offline yang membantu kita memudahkan berjualan
  • Full dapat bimbingan dari upline atau leader secara gratis sampai bisa
  1. Kekurangan

Meskipun dianggap berbeda dengan usaha MLM, namun Oriflame juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Sayangnya, meskipun menjanjikan untuk mendapat keuntungan dengan waktu yang relatif singkat, namun tidak instan karena itu tidak sedikit dari mereka yang berhenti di tengah jalan karena kurang konsisten dalam belajar sehingga bisnis yang dijalankan tidak berjalan lancar sesuai harapan.
  • Bonus poin dihitung per satu bulan dan tiap poin yang sudah dikumpulkan di setiap bulanya akan di reset ulang dan tiap pergantian bulan baru kembali di hitung mulai dari nol.
  • Bagi member yang tidak aktif dalam kurun waktu 12 bulan, maka keanggotaannya akan dihapus.
  • Jika member ingin tetap aktif maka ada Biaya Daftar Ulang Member tiap 12 bulan sekali layaknya keanggotaan member di supermarker, swalayan dan toserba sebesar Rp.35.000 (biaya perjanuari 2020)
  • Persaingan produk kecantikan dengan harga murah sudah semakin tinggi sehingga kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar akan sedikit menantang.
  • Tidak bisa Berjualan produk di Marketplace karena melanggar kode etik di oriflame

Bisnis Oriflame memang dipercaya bisa memberikan keuntungan yang besar. Namun persaingan yang tinggi membuat kita harus bekerja lebih keras dan lebih cerdas. Terbukti sudah banyak yang meraih sukses di oriflame.

Ada 2 titel tertinggi pertama di Indonesia yakni level Presiden Director  dengan Cash Awward 700jt +Mobil Gratis yang di peroleh dari Jaringan Nad’s Beauty Community (NBC) dulu dBC’N Oriflame yaitu Mba Dian Endriyana dan mba Vonita Bermana. Dengan cara terus konsisten belajar dan menyiapkan strategi yang matang. Tidak lupa agar bisnis lancar dan aman, pisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis agar kita menjadi lebih mudah mengelola keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *