Agar Tidak Kalah Gaul, Yuk Kenali Blended Words Dalam Bahasa Inggris Berikut Ini!

Agar Tidak Kalah Gaul, Yuk Kenali Blended Words Dalam Bahasa Inggris Berikut Ini!

Bahasa Inggris kini semakin sering kita dengar dari percakapan-percakapan yang terjadi di sekitar kita. Sudah banyak sekolah-sekolah internasional yang juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa wajib di dalam sekolah. Selain itu ada juga bahasa gaul yang menggunakan kosa kata bahasa Inggris di dalamnya. Bahasa gaul ini ada banyak macamnya, mulai dari penggunaan bahasa Inggris untuk mengganti kata tertentu dalam bahasa Indonesia, hingga singkatan yang menggabungkan dua kata bahasa Inggris sehingga membentuk satu kata baru dengan arti yang berbeda. Beberapa singkatan baru tersebut bahkan sudah diterima secara internasional meski tidak masuk dalam kamus besar bahasa Inggris resmi. Penasaran?

Blended words sudah banyak dipakai dalam percakapan sehari-hari baik di dalam maupun luar negeri. Blended word ini adalah penggabungan dua kata yang memiliki arti berbeda menjadi satu kata dengan arti gabungan dari keduanya. Agar lebih jelas, berikut ini adalah contoh blended words yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat secara internasional:

1. Brunch.

Brunch artinya makan setelah waktu sarapan namun sebelum waktu makan siang. Brunch diambil dari kata Breakfast yang berarti sarapan dan kata Lunch yang berarti makan siang. Sarapan biasanya dilakukan sebelum pukul 8 pagi dan makan siang biasa dilakukan setelah jam 12 siang. Namun banyak orang yang makan diantara kedua waktu tersebut seperti pada pukul 10. Waktu makan diantara kedua waktu inilah yang dikenal dengan istilah Brunch.

2. Frenemy.

Frenemy diambil dari kata friend dan enemy. Friend memiliki arti teman, sedangkan enemy berarti musuh. Frenemy memiliki arti penggabungan diantara keduanya yaitu teman di luar namun musuh di dalam, atau teman yang diam-diam saling tidak menyukai satu sama lain.

3. Staycation.

Staycation artinya berwisata namun hanya dengan berpindah tempat tinggal saja. Diambil dari kata stay yang artinya tinggal dan vacation yang artinya berwisata. Staycation menggambarkan sebuah wisata atau liburan untuk mengganti suasana namun tak harus dilakukan dengan mengunjungi banyak tempat. Staycation umumnya dipakai saat seseorang berpindah lokasi untuk liburan namun tidak mengeksplor terlalu banyak lokasi baru tersebut. Sebagai contoh adalah melakukan staycation dengan menginap di hotel atau mengunjungi rumah kakek nenek.

Jangan lupa juga untuk belajar bahasa Inggris dengan benar. Caranya adalah dengan bergabung mengikuti kursus di EF Adults yang menyediakan kursus khusus untuk orang dewasa. Yuk daftarkan diri Anda agar bisa berbahasa Inggris dengan baik dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *