3 Cara Menggunakan Aplikasi Catatan Keuangan

3 Cara Menggunakan Aplikasi Catatan Keuangan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan menjadi lebih baik adalah dengan membuat catatan keuangan. Saat membuat catatan keuangan bahkan daftar belanja seminggu, maka Anda bisa mengetahui pemasukan, pengeluaran, serta aktivitas keuangan yang dilakukan selama ini. Dengan begitu, maka Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih baik dan pengeluaran juga lebih terkontrol.

Untungnya, saat ini telah hadir berbagai macam aplikasi catatan keuangan yang akan mempermudah Anda dalam membuat laporan keuangan. Jika dibandingkan dengan membuat catatan keuangan manual di buku, penggunaan aplikasi catatan keuangan tentu jauh lebih praktis, mudah, dan efektif. Lantas, bagaimana cara menggunakan aplikasi catatan keuangan?

3 Cara Menggunakan Aplikasi Catatan Keuangan

Inilah cara yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan aplikasi catatan keuangan:

1. Unduh Aplikasi Catatan Keuangan

Untuk menikmati berbagai fitur dan layanan menarik dari aplikasi catatan keuangan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut lewat Google Play. Sebelumnya, pastikan Anda sudah memilih jenis aplikasi catatan keuangan yang akan digunakan. Lakukan survey terlebih dahulu untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut aman dan menghadirkan fitur yang Anda butuhkan.

Nah, salah satu rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik adalah Senyumku. Aplikasi ini aman digunakan karena merupakan produk dari PT Amar Bank Indonesia Tbk. yang telah terdaftar serta diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan unduh aplikasi Senyumku lewat Google Play bagi pengguna smartphone android.

2. Lakukan Pendaftaran untuk Login ke Aplikasi

Setelah mengunduh aplikasi catatan keuangan, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran agar bisa login ke aplikasi tersebut. Pada aplikasi Senyumku, pendaftaran akun sangat mudah dilakukan. Syarat untuk membuka rekening online Senyumku diantaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI), sudah berusia 17 tahun, dan telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Untuk melakukan pendaftaran, silahkan buka aplikasi Senyumku. Cara pendaftaran adalah dengan klik “Daftar” pada form yang tersedia di halaman awal. Selanjutnya, isi semua data diri yang diminta seperti nama lengkap, nomor KTP, alamat domisili, serta data lainnya. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengunggah foto selfie serta foto KTP.

Tim Senyumku akan segera menghubungi Anda untuk melakukan proses verifikasi. Jika verifikasi sudah selesai, maka proses pendaftaran di aplikasi Senyumku sudah berhasil dilakukan dan Anda bisa segera menikmati beragam fitur dan layanan yang diberikan, termasuk layanan catatan keuangan.

3. Gunakan Fitur Catatan Keuangan

Gambar 3

Setelah melakukan pendaftaran akun, maka Anda sudah bisa mulai menggunakan fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut. Pada aplikasi Senyumku, Anda bisa menggunakan layanan catatan keuangan melalui fitur “Catat” yang tersedia pada halaman pertama saat membuka aplikasi tersebut. Fitur ini terletak di bagian bawah dengan simbol gambar pensil.

Melalui fitur tersebut, Anda bisa membuat catatan keuangan personal dengan melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran harian. Misalnya pengeluaran untuk makan sehari-hari, belanja online, biaya kost, transportasi, dll. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur “Pencatatan Otomatis” yang nantinya akan secara otomatis melakukan pencatatan terhadap semua pengeluaran yang Anda lakukan. Dengan begitu, maka Anda tidak lagi merasa bingung ke mana saja uang tersebut dibelanjakan.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan aplikasi catatan keuangan. Tentunya, cara menggunakan aplikasi keuangan ini sangat mudah dilakukan, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa lebih mudah dalam mengelola kondisi keuangan, sehingga kondisi finansial bisa lebih terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *