Hindari Kesalahan Saat Merawat Wajan Granit dengan Mengikuti Tips Ini

Wajan granit kini semakin populer digunakan di dapur, karena memiliki banyak keunggulan seperti tahan lama, mudah dibersihkan, dan dapat digunakan pada berbagai jenis kompor.

Namun, untuk menjaga kualitas dan umur panjang wajan granit, perlu dilakukan perawatan dengan baik. Artikel ini akan membahas cara-cara merawat wajan granit agar tetap awet dan dalam kondisi baik.

Cara Merawat Wajan Granit

cara merawat wajan granit

Berikut ini adalah cara-cara merawat wajan granit yang dapat dijelaskan lebih lanjut:

1. Membersihkan wajan granit setelah digunakan

Setelah digunakan, bersihkan wajan granit dengan air dan sabun ringan. Jangan biarkan sisa makanan menempel terlalu lama pada wajan karena dapat membuatnya sulit dibersihkan.

2. Menghindari penggunaan bahan kimia yang keras

Hindari menggunakan bahan kimia yang keras atau beracun seperti pemutih, cuka, atau amonia saat membersihkan wajan granit. Sebaiknya gunakan deterjen atau sabun cuci piring yang lembut.

3. Menghindari penggunaan alat pembersih yang kasar

Jangan menggunakan spons kasar atau sikat pada wajan granit karena dapat merusak permukaannya. Gunakan spons atau kain yang lembut untuk membersihkan wajan.

4. Menghindari penggunaan spatula atau sendok yang tajam

Hindari menggunakan spatula atau sendok yang tajam pada wajan granit karena dapat merusak permukaannya. Gunakan alat yang lembut seperti kayu atau silikon.

Baca Juga :  5 Sofa Bed Murah Dibawah 1 Juta Lengkap Dengan Link Pembelian

5. Menjaga suhu penggunaan wajan granit

Jangan memanaskan wajan granit terlalu tinggi karena dapat merusak lapisan permukaannya. Sebaiknya gunakan api sedang atau rendah saat memasak dengan wajan granit.

6. Memperbaiki goresan atau kerusakan pada wajan granit

Jika wajan granit mengalami goresan atau kerusakan, sebaiknya perbaiki secepat mungkin. Goresan atau kerusakan pada lapisan permukaan wajan granit dapat membuatnya lebih mudah rusak dan sulit dibersihkan.

Tips Tambahan

1. Menyimpan wajan granit dengan benar

Setelah membersihkan wajan granit, pastikan untuk menyimpannya dengan benar. Sebaiknya simpan wajan granit di tempat yang kering dan terlindungi dari debu.

Jangan menumpuk wajan granit dengan benda berat atau tajam yang dapat merusak permukaannya.

2. Menghindari penggunaan wajan granit untuk menggoreng makanan yang berlapis tepung

Hindari menggunakan wajan granit untuk menggoreng makanan yang berlapis tepung seperti ayam goreng atau ikan goreng. Tepung dapat menempel pada permukaan wajan granit dan sulit dibersihkan.

3. Menghindari penggunaan wajan granit untuk merebus air atau cairan

Wajan granit tidak cocok untuk merebus air atau cairan seperti kaldu atau sup. Permukaan wajan granit dapat rusak akibat paparan cairan yang terus-menerus.

Kesimpulan

Merawat wajan granit dengan baik adalah hal yang penting untuk menjaga kualitas dan umur panjangnya. Hindari penggunaan bahan kimia yang keras, alat pembersih kasar, serta spatula atau sendok yang tajam pada wajan granit.

Selain itu, perlu juga diperhatikan suhu penggunaannya dan menghindari penggunaan wajan granit untuk merebus air atau cairan.

Dengan merawat wajan granit dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa wajan granit Anda tetap dalam kondisi baik dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top