Kesehatan Mental Akibat Covid 19

Kesehatan Mental Akibat Covid 19

Kita semua paham dengan kondisi saat ini dimana pemerintah menggalakan untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah.

Covid-19 ini sudah memaksa siapapun untuk tidak beraktifitas diluar rumah dalam jangka waktu lama. Kalaupun terpaksa harus keluar rumah, maka itu sebuah pengecualian yang sifatnya sangat terpaksa saja.

Namun apakah semua orang tahan dengan di rumah saja?

Saya yakin tidak semua orang bisa menahan diri untuk di rumah aja. Saya pribadi juga sama, sampai hari ini kalau tidak salah sudah 3 bulanan di rumah saja.

Terbayangkan bagaimana suntuknya?!

Pada akhirnya ini akan berhubungan juga dengan kesehatan mental seseorang. Karena untuk mempertahankan kesehatan dimasa pandemi tidak hanya soal menjaga kebersihan saja, tapi kesehatan mental juga di perlukan.

Pengertian Kesehatan Mental

Saya kutip dari website Halodoc.com :

Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. Peristiwa-peristiwa tersebut dapat berupa kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan anak, atau stres berat jangka panjang. Jika kesehatan mental terganggu, maka akan timbul gangguan mental atau penyakit mental. Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan dapat memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri.

Maka sangat penting di masa seperti saat ini kita dapat memilah informasi supaya tidak menambah beban pikiran.

Seperti saya kutip dari website resminya pemerintah covid19.go.id.

Tips Manjaga Kesehatan Mental Akibat Covid 19 :

  1. Membatasi Informasi yang Berlebihan. Coba saja kita hitung, dalam 1 hari berapa berita tentang covid masuk ke otak kita. entah lewat TV atau media sosial. Bagaimana kita bisa mempertahankan kesehatan mental dengan baik kalau yang di inputkan semuanya berita tidak baik. Bukan artinya kita sama sekali tidak peduli dengan berita corona. Saran saya, hanya gunakan 1-2 jam saja dalam sehari untuk mencari informasi terkait corona. Sisanya gunakan waktu berharga anda untuk hal produktif lainnya.

2. Memilah Informasi yang Diperoleh. Disini pentingnya sikap kritis. Coba bayangkan oleh kita, bagaimana sebuah informasi tidak benar sering sekali menjadi viral di medsos hanya gara-gara orang yang tidak tahan klik share. Padahal kalau saja mereka bisa memilah informasi, yang namanya hoax tidak akan populer seperti saat sekarang.

3. Menghindari Perasaan yang Tidak Nyaman

4. Jadilah Bermanfaat Untuk Orang Lain. Tetaplah menjaga hubungan sosial dengan siapa saja. Saya yakin sekali kalau kondisi kita sedang ada masalah. Terus kita malah bisa membantu sesama, misalkan dengan berbagi makanan untuk buka puasa. Maka itu akan membuat rasa kepercayaan diri meningkat. Otomatis tubuh anda akan bahagia dan rasa bahagia ini sangat bagus sekali untuk menangkal virus. Tidak cuma menangkal corona saja, untuk penyakit lainnya juga bisa terhindarkan.

5. Hindari Konsumsi : Merokok, Alkohol dan Obat-obatan. Sudah jelas ya kalau ini akan sangat tidak bagus buat badan dan mental kita. Biasakan kalau ada masalah carilah solusi dengan mendekatkan diri kepada-Nya. Kemudian cerita kepada orang terdekat yang anda percaya. Pikirkan ulang kalau mau menjadikan merokok, alkohol dan sejenisnya sebagai jalan keluar.

6. Penuhi kebutuhan Makanan bergizi dan Seimbang. Mental yang sehat salah satunya berasal dari makanan sehat yang kita konsumsi.

Baca juga : Tips hemat menu seminggu

7. Tetap beraktifitas fisik meski di rumah saja. Jangan mentang-mentang anda diam di rumah terus kerjaannya hanya rebahan saja seharian. Tetap lakukan kegiatan yang melibatkan fisik anda semisal membersihkan ruangan, mencuci pakaian sendiri. Mumpung jarang di pakai, yuk cuci kendaraan kita, motor atau mobil.

8. Perhatikan pola tidur. Ingat kebutuhan tidur harus di prioritaskan, harus cukup ya. Jagan berlebihan juga. Malah tidak bagus buat kesehatan jika kebanyakan tidur juga. 7-8 jam sehari saya rasa cukup.

Saya percaya setiap orang mempunyai triknya masing-masing untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga dari pandemi corona ini. Terus jaga pikiran anda supaya badan juga tetap fit.

Untuk yang harus bekerja diluar rumah dan memang tidak ada pilihan lain. Saya rasa sudah banyak juga tips nya untuk tetap aman meski keluar rumah.

Halodoc

Nah jika dirasa anda ada masalah dengan kesehatan, jangan sungkan untuk tanya langsung ke dokter.

Tidak harus datang ke tempat praktek, cukup menggunakan aplikasi Halodoc saja. Anda bisa chat bahkan video call dan menjelaskan kendala kesehatan anda. Dokter yang berpengalaman dan siap memberikan jawaban seputar masalah kesehatan anda. Privacy terjaga dan aman.

Akhir Kata

Semoga kita semua mampu melewati ujian wabah ini. Indonesia bisa kembali berjalan normal seperti sebelumnya. Bosan juga di rumah saja dan kangen kumpul sama keluarga dan sahabat.

Tetap jaga kesehatan mental kita ya kawan, tips di atas bisa di lakukan dan sebetulnya sederhana saja. Tidak usah keluar biaya juga. Kalau mau konsultasi juga gratis, kan ada Halodoc. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa di bantu?