Semua Anak Adalah Bintang Day 10

Observasi Hari ke sepuluh ini alhamdulilah melakukan 3 kegiatan bersama adzkia

Kegiatan 1 Membaca buku

Alhamdulilah hari ini adzkia kembali membaca sebuah buku cerita seri pendek pilihannya kali ini memilih kembali buku fisik seperti dihari sebelum sebelumnya masih enjoy dan easy semangat membacanya kian bertambah membunyikan huruf demi huruf.

Kegiatan 2. Hitung, Analisa

Kegiatan hitung kali ini adzkia masih mencoba belajar pengurangan dan penjumalahan sekaligus atau dinamakan hitungan campuran dengan soal yang masih sangat simple dan sederhana masih penggunaan anggka dari anggka 1-9 dengan menggunakan rumus jarimatika.

Mama memberika 8 soal pada awalnya namun ternyata adzkia terus nagih soalnya untuk ditambah hingga 21 soal pada tahapan kali ini adzkia mencapai enjot easy dan excellent

Kegiatan 3. Bermain puzzle block

Kali ini adzkia menyusun puzzle kandang binatag sesuai imaginasinya tahapan kali ini sudah mencapai excellent

Bermain puzzle atau lego pun selaras dengan pendapat para ahli yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak

Berikut 4 diantara manfaat bermain Lego bagi anak:

(Sumber: blog ruparupa, segudang manfaat bermain lego)

1. Pengenalan warna, ukuran, bentuk dan hitungan

Lego hadir dengan bermacam warna, ukuran dan bentuk. Saat bermain Lego bersama si kecil, gunakan kesempatan ini untuk mengenalkan kepada anak macam-macam warna, bentuk dan ukuran. Setelah mengenalkan, kita juga bisa mulai bertanya warna Lego apakah yang dipegang oleh anak atau warna apa yang cocok untuk fondasi bangunan. Pelan-pelan, ia akan mulai menghafal, mengenali dan membedakan jenis warna, ukuran dan bentuk. Selain itu, pada bagian atas Lego terdapat bulatan-bulatan timbul yang bisa dijadikan media belajar berhitung untuk anak. pada tahapan ini adzkia begitu menikmatinya

2. Meningkatkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah

Manfaat bermain Lego berikutnya adalah dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah. Dalam sebuah permainan Lego, anak-anak dapat mengikuti instruksi untuk membuat balok susun agar terakit sesuai dengan model atau menyusun dengan bebas sesuai imajinasi mereka. Biarkan anak-anak sesekali menyusun Lego sesuai dengan imajinasinya sendiri untuk melatih kreativitasnya. Sewaktu merangkai Lego menjadi suatu bangunan atau model, tak jarang anak akan mengalami kesulitan. Nah, ini merupakan salah satu manfaat bermain Lego bagi anak, yaitu melatih kemampuan memecahkan masalah. Ajak anak Anda untuk tetap semangat menyelesaikan model yang akan dibuatnya. Jangan lupa, bagaimana pun hasil susunan Lego si anak, berikan penghargaan dan saran agar ia bisa berlatih lebih baik. Imaginasi juga kreativitas adzkia pun diasah untuk terus meningkat terlihat saat ia mencoba mencocokan ukuran lego yang sesuai dengan bentuk yang ia inginkan.

3. Melatih koordinasi tangan-mata dan keahlian motorik

Kondisi motorik halus yang masih perlu dilatih membuat anak-anak sering tidak sabar dalam merangkai Lego. Merangkai Lego membutuhkan ketepatan posisi antara satu dengan yang lain, sehingga perlu motivasi dari orang tua agar anak mau berjuang dan bersabar dalam mengerjakannya. Dengan bermain Lego, koordinasi tangan dan mata anak-anak Anda terlatih. Selain itu, beberapa manfaat bermain lego seperti melatih kemampuan anak untuk memilih, mengendalikan, menempatkan dan menggerakkan benda juga akan berkembang dengan baik.

4. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan kerja sama

Ajaklah anak-anak untuk bermain Lego dengan teman-temannya atau anggota keluarganya. Manfaat bermain Lego dalam kaitannya dengan hubungan sosial adalah anak-anak akan menjadi lebih ramah dan pandai bersosialisasi ketika mereka membuat sebuah konstruksi secara berkelompok. Anak Anda akan berlatih berkomunikasi dan mengemukakan ide. Alhasil, anak menjadi lebih siap untuk bersosialisasi di masyarakat dan lingkungan sosialnya. Tahap ini pun terlihat ketika adzkia bermain lego bersama adiknya ia berusaha berkomunikasi dan mengoreksi susunan lego yang di buat adiknya.

Ada banyak sekali manfaat bermain Lego bagi anak, bukan? Manfaat bermain Lego ini bisa anak-anak Anda dapatkan tanpa mereka sadari sewaktu asyik bermain. Anak-anak hanya menganggap Lego sebagai mainan yang seru. Tak heran, anak-anak yang bermain Lego akan mengalami perkembangan kecerdasan yang lebih cepat dari sebelumnya. Secara berkala seiring dengan peningkatan kemampuannya, tambahkan permainan Lego dengan bentuk-bentuk yang lebih bervariasi agar melatih kreasi anak.

Sali Saputra – IP Bandung

#day10 #tantangan15hari #Zona8semuaanakadalahbintang #kuliahbundasayangbatch6 #pantaibentangpelualang #Petualang bahagia #institutibuprofesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *