“Tinggikan Bukit Jangan Ratakan Lembah”

Berapa hari yang lalu mendapat bahasan yang sangat menarik yang membuat hati tergugah menuliskan Insight yang berasal dari Live materi perkuliahan bunda sayang  zona 8 yang juga sekaligus zona penutup perkuliahan yang diadakan oleh ibu professional. Secara garis besar perkuliahan ini bertujuan melatih kita ibu dan calon ibu untuk bersungguh-sungguh membersamai tumbuh kembang anak dengan penuh cinta dan kasih sayang seperti halnya dari nama perkuliahanya yaitu kelas “Bunda Sayang”

Clue yang membuat saya tergugah pada materi terakhir kali ini adalah “Tinggikan Bukit Jangan Ratakan Lembah” karena semua anak adalah Bintang. Nyatanya bahasan Clue ini adalah berkaitan dengan minat, bakat dan kekuatan

Ikan itu jago berenang,

Jangan habiskan hari-harinya dengan belajar terbang dan berharap terbangnya sepintar burung. Seringkali ada anak-anak yang tidak menyukai matematika, kita paksakan anak untuk mengikuti pelajaran tambahan matematika agar nilainya sama dengan anak-anak yang sangat menyukai matematika.

Ini namanya meratakan lembah, anak akan menjadi anak yang rata-rata.

Burung itu jago terbang,

Apabila Sebagian besar waktunya habis untuk belajar terbang, maka dalam beberapa waktu ia akan menjadi maestro terbang. Anak yang terlihat berbinar-binar mempelajari sesuatu, kemudian orangtuanya mengijinkan anak tersebut menghabiskan Sebagian besar waktunya untuk mempelajari hal tersebut, maka kita sedang mengijinkan lahirnya maestro baru.

Ini namanya meninggikan bukit. Anak akan memahami misi spesifik untuk hidup di muka bumi ini

Anak-anak yang terlahir ke dunia merupakan anak-anak pilihan, para juara yang membawa bintangnya masing-masing sejak lahir. Namun setelah mereka lahir, kita (orang dewasa) yang diamanahi menjaganya, justru lebih sering “membanding-bandingkan” pribadi anak ini dengan pribadi anak yang lain.

Bandingkan anak-anak dengan dirinya sendiri, BUKAN dengan orang lain. Apa bedanya kakak sekarang dengan kakak 1 tahun yang lalu?. You Are Very Special And Limited Edition Tak ada seorangpun yang sama persis dengan orang lain

Fokus Pada kekuatan Jika kura-kura dan kuda lomba lari siapa yang akan menang?

Jawaban: Manakah jawabanmu : a. kura-kura? b. kuda? atau c. dua duanya akan menang? kita berfokus pada kekuatan dari masing-masing maka jawabanya keduanya akan menang jika fokus bertumpu pada kekuatanya, kekuatan kura-kura adalah berada di media air ia akan gesit bergerak maka jika lomba bersama kuda diadakan di air kura-kura akan menjadi pemenang, namun sebaliknya kekuatan kuda ia akan gesit jika berada di darat maka jikalau lomba dengan kura kura diadakan di daratan maka tentu saja kuda akan menjadi pemenangnya.

Siasati Kelemahan Kapak: Diasah pada bagian tajam, bukan pada bagian tumpul

4 Kuadran Aktivitas

1. MINAT (Passion) adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu yang membuatnya bergairah dan memiliki keinginan kuat.

2. BAKAT (Talents) adalah sifat produktif yang dimiliki seseorang sejak lahir, yang memberikan kebermanfaatan dan rahmat bagi semesta.

3. HOBI adalah kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama.

4. KOMPETENSI adalah kemampuan menguasai sesuatu karena memiliki pengetahuan, skill dan keahlian.

Potensi Kekuatan

Aktivitas produktif yang sesuai dengan bakat kita. Aktivitas tersebut akan terasa menyenangkan, mudah, hasilnya unggul dan menciptakan produktivitas. Makin dikerjakan makin terasa kuat.

Temukan kekuatan

1. Kaya Wawasan

Ditahap ini, anak-anak memperkaya wawasannya, dengan sering berjalan-jalan melihat berbagai peran manusia di muka bumi ini. Kunci pada tahap ini adalah anak-anak memahami peran manusia itu beragam dan saling bersinergi satu sama lain. Semuanya sama-sama mulia di hadapan-Nya.

2. Kaya Kegiatan

Ditahap ini anak-anak mulai melakukan berbagai macam kegiatan beragam. Mereka mulai merasakan langsung dan mengindikasi kegiatan sesuai dengan ciri-ciri bakat yang ada.

3. Kaya Gagasan

Ditahap ini anak-anak mulai memunculkan berbagai gagasan yang akan mereka lakukan berdasarkan beragam nya wawasan dan pengalaman yang sudah mereka dapat. Mereka semakin mengenal siapa dirinya, dan mampu menggagas aktivitas yang “gue banget”. Sehingga anak-anak akan menemukan 4E easy enjoy exclellent dan earn

Kunci menemukan minat bakat potensi anak ingat 3B

1. Banyak Aktivitas

2. Beragam Aktivitas

3. Banyak Bertemu Orang

Allah tidak pernah membuat produk gagal

Anak-anak terlahir hebat, kitalah yang harus selalu memantaskan diri agar selalu layak di mata Allah, Memegang amanah anak-anak yang luar biasa. (– Septi Peni Wulandani –)

Sumber : LIVE FB grup Materi Perkuliahan Bunda sayang Batch 6 (Oleh Kakawi Restu Anjarwati dan Dede Karyati)

Sali Saputra – IP Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *