4 Cara Mudah Optimalisasi SEO Instagram Untuk Jualan Makin Rame

4 Cara Mudah Optimalisasi SEO Instagram Untuk Jualan Makin Rame

Catatan Online training di Grup Telegram NBC (Nad’s Beauty Community)

Cara Optimasi Di Instagram

1. Optimasi Instagram Menggunakan Hashtag                                              

Untuk menjangkau pengguna Instagram aktif lebih luas, kita bisa mempromosi produk atau bisnis kita melalui hashtag. Hashtag sering kali dianggap tidak perlu dan membuat caption jadi terlalu panjang  . Itu anggapan yang keliru. Justru hashtag sangat berpengaruh dalam pemasaran produk secara online.

Menggunakan hashtag juga ada aturannya. Dalam satu postingan Instagram bisa dimasukkan maksimal 30 hashtag.

gunakan hashtag yang sesuai dengan bisnis kita dan hindari copypaste, kita juga bisa memasukan hashtag ini di kolom komentar pertama postingan.

2. Tambah Follower

Follower adalah prestige sebuah akun bisnis. Semakin banyak follower maka semakin besar target market yang bisa dicapai. Aku tidak menyarankan untuk membeli Follower yaaa…. Sebuah akun Instagram bisnis harus mampu meningkatkan jumlah follower secara bertahap dan secara organik. Follower organik adalah follower aktif yang bersedia mengikuti akun kita karena konten atau produk yang kita jual menarik.

Cara menambah follower organik bisa jadi dengan memfollow pengikut akun kompetitor atau bisa dengan membuat kontes Giveaway dengan syarat follow akun bisnis punya kita.

Baca juga : Kata Kata Promosi Akun IG Teman dan Olshop Agar Rame Follower

3. Aktif Posting Story dan Feed

Update postigan setiap hari dan perbanyak bercerita tentang produk di instastory. Dengan aktif meng-update postingan Instagram, kita bisa menaikkan impresi postingan dan bisa menumbuhkan follower secara organik.

Tips optimasi Instagram ini adalah tips yang menjadi kunci promosi bisnis secara online karena butuh komitmen dan kreativitas tinggi untuk memunculkan ide-ide baru sebagai konten promosi.

Perhatikan Jadwal Postingan Jadwal postingan adalah hal yang sangat berpengaruh untuk mengundang like dan komen follower. Para ahli di bidang digital marketing menyarankan untuk memposting 3 kali sehari pada jam tertentu yaitu jam 7-8 pagi, jam 12-13 siang, jam 18-19 malam. Waktu-waktu ini dinilai efektif untuk meningkatkan engagement postingan.

Jadwal postingan perlu diatur sedemikian rupa dan harus diperhatikan juga jumlahnya agar tidak mengganggu follower karena postingan yang berlebihan.

4. Gunakan Caption yang Kreatif                                                 

Caption yang kreatif adalah PR terbesar dari optimasi Instagram untuk promosi bisnis secara online. Caption yang kreatif adalah caption yang tidak kaku dan menggunakan bahasa santai yang baik dan benar. Caption juga harus mengandung informasi lengkap dari produk yang dijual.

Caption juga sering dikaitkan dengan Call to Action (CTA) yang merupakan sebuah ajakan kepada follower untuk merespon postingan dengan harapan follower akan mengunjungi website atau nomor handphone untuk membeli produk.

begitulah cara cara untuk mengoptimalisasi Instagram untuk meningkatkan bisnis kita Yang penting harus konsisten juga ya temen temen dalam menggunakan Instagram, baik itu feed ataupun storystory

Selalu cerita… baik itu tentang bisnis ataupun produk secara santai, bisa juga diselingi kegiatan kita sehari hari yaaa

Di GKN NBC ini Alhamdulillaah segala support udh disiapkan

Termasuk juga training tentang mengoptimalkan sosial media  salah satunya instagram ini agar bisa menghasilkan uang InshaaAllaah

Namanya adalah training Social Selling, yg membahas :

 1. Cara bikin dan menyebarkan konten2 seru yg bikin pelanggan tertarik

 2. Cara mengajak pelanggan utk belanja produk sama kita

Naahh biasanya postingan tentang jualan atau tentang produk yang nge-LIKE cuma dikit  Beda kalo postingannya tentang cerita pribadi

Sekali lagiiii…

Diselingi antara cerita tentang : produk, keseharian, tips/resep masakan, yg lagi hits, OOTD, tips bisnis dll

Agar pembaca/followers tahu bahwa kita adalah orang yg menyenangkan, enak diajak ngobrol/berteman, dan ngga melulu seperti sales (meskipun tujuan kita adalah jualan produk)

Namanya sosial media.. adalah tempat pamer kita Krn jadi tempat pamer, jadiii jangan ceritain yg galau2, sedih, marah atau perasaan negatif gitu yaaa

Meskipun kita lagi ngerasain sedih dll nya, tp sebisa mungkin ngga perlu lah orang lain tau

Misalnya mau promosi tender care, lipstik, essential fairness lewat social media?

Bikin foto diri yg menarik, yg lagi bawa produk tersebut

Lalu ceritakan apa aja manfaat dan efeknya di kita dari lipstik ini. Dan kenapa orang lain harus beli

Dengan promosi dalam bentuk cerita, biasanya orang lain akan lebih yakin dan percaya utk beli produknya sama kita

Aku mempraktekkan ini pun alhamdulillah banyak pesanan. Karena orang lebih percaya pada produk itu kalau kita juga pakai produk tersebut.

Sama seperti kita mau belanja di market place, tentu kita cek semua review2 dari pembeli bukan

Selamat mencoba semoga bermanfaat

Salam hangat

Sali Saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *