4 Tips Puasa Sehat di Bulan Ramadhan yang Penting Diketahui

Tips sehat puasa di bulan ramadhan – Informasi mengenai tips puasa sehat merupakan hal yang paling banyak dicari oleh sahabat muslim saat ini. Mengingat puasa di tahun ini dibarengi dengan perubahan cuaca drastis yang menyebabkan penurunan imunitas tubuh.

Untuk tetap fit dan sehat saat menjalankan ibadah puasa, simaklah informasi berikut!

1. Sahur di Akhir Waktu

Sahur di akhir waktu merupakan suatu sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal tersebut dikarenakan jarak sahur berdekatan dengan jadwal subuh sehingga tidak ada waktu untuk tidur setelah makan.

Dengan melakukan sahur di akhir waktu, maka Anda telah memberikan kesempatan organ pencernaan untuk memproses makanan secara optimal. Selain itu, nutrisi dari makanan pun akan terserap secara sempurna.

2. Tidur Cukup

Istirahat cukup selama Ramadhan merupakan salah satu tips puasa sehat yang perlu Anda ketahui. Dengan bekal cukup tidur maka Anda akan terhindar dari gangguan konsentrasi serta rasa kantuk hebat saat siang hari.

Tidur yang cukup juga berpengaruh baik dalam proses peningkatan metabolisme tubuh Anda. Dengan begitu Anda dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan maksimal.

3. Memperhatikan Asupan Harian

Saat puasa, tubuh Anda melakukan detoks yakni mengeluarkan zat-zat yang tidak lagi diperlukan. Hal tersebut terkadang membuat tubuh memerlukan hidrasi yang lebih banyak daripada biasanya.

Untuk itu, Anda perlu mengimbanginya dengan konsumsi gizi seimbang baik dari sayur beserta lauknya. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral di dalam tubuh.

Baca Juga :  Obat Herbal: Solusi Ampuh Tingkatkan Kejantanan Pria!

4. Segera Makan Saat Berbuka

Menyegerakan diri untuk segera berbuka merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar saat menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut dikarenakan untuk menghindari risiko terjadinya hiperglikemia saat bulan Ramadhan.

Meski begitu, Anda harus tetap menjaga porsi makan supaya tidak berlebihan. Porsi berbuka yang terlalu banyak dapat menimbulkan gangguan pencernaan serta penurunan konsentrasi saat ibadah tarawih.

Kondisi badan sehat dan fit sangat diperlukan untuk menjalani puasa di tahun 2023 yang cuacanya tidak menentu ini. Beberapa tips puasa sehat di atas dapat Anda terapkan untuk mendukung ibadah Ramadhan supaya lancar sampai dengan akhir.

Nah, untuk Anda yang ingin mengisi bulan Ramadhannya dengan belajar, maka bisa mengambil kursus di EF. Anda bisa segera mendaftar program di EF Adults yang dikhususnya untuk orang dewasa supaya kegiatan Ramadhan lebih bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top