Review Materi “Ibu Tetap Bahagia dan Produktif selama Masa Karantina”

Ibu Tetap Bahagia dan Produktif  selama Masa Karantina

Bersama teh Nike Rakhma

#kelasberbagi #belajardarirumah

Institut Ibu Profesional

  • Memilih bahagia dan produktif selama masa karantina

Saat ini kita telah dihadapkan pada masa pandemi dengan ujian wabah yang sudah memasuki bulan ke dua. Dimana berbagai aktivitas dirumahkan.

Tidak terkecuali sekolah anak diliburkan. Disini peran seorang ibu kian bertambah, diantara aktivitas memasak, beres beres, mencuci, menyetrika (untuk yg tidak pakai ART).

Belum lagi akibat dirumahkannya belajar sang anak ibu menjadi bertambah perannya. Membimbing tugas ananda dari sekolah lewat media daring tak sedikit didapati ibu yang berkeluh kesah merasa lebih cape diliburkannya ananda dari sekolah dan mesti belajar dengan jalur online di bandingkan ananda berangkat sekolah dan belajar jalur tatap muka atau offline belum lagi ada sebagian ibu yang berkarir bekerja diranah public yang harus tetap pergi ngantor tentunya efek dirumahkanya ananda sangat berpengaruh pada kesehatan emosional ibu yang didapati dg keaadaan atau kondisi yang kelelahan.

Namun wahai ibu ingatlah tetaplah memilih berbahagia karena bagaimanapun kondisi saat ini kita itu BERHARGA.

  1. Fitrah Ibu

Kita mesti mengingat kembali Pendidikan Pertama Ananda adalah di dalam rumahnya dan prestasi karier seorang ibu adalah mengantarkan ananda menuju peradabanya

  1. Arti Aktivitas Produktif

Lalu Menjadi produktif tak melulu berarti kita mendapatkan uang. Produktif juga bisa diartikan kondisi ketika memanfaatkan yang ada  dengan lebih optimal. Jika kita bisa memberi manfaat bagi sesama hidup kita lebih produktif.

  1. Bahagia Itu cara Pandang

Bahagiamu tak selalu menjadi bahagiaku masing-masing orang mempunyai cara pandang sendiri dan memiliki alasan serta cara tersendiri untuk bahagia dan tiap ibu pasti tidak sama.

Bahagia itu dicipta, karena wanita itu unik dan ia sangat berharga untuk merasa tak bahagia. Bahagia itu Pilihan, memilih bahagia sendiri atau membagikan kebahagiaan agar  bermanfaat untuk sesama karena hidup tak hanya didunia.

  • Tips menjadikan bahagia menjadi produktif

Kenali Diri

  1. Kenali diri sendiri buatlah catatan tentang hal yang paling sering anda lakukan,
  2. Cobalah konfirmasi diri, apa yang membuat anda sering melakuka hal tersebut. Mungkin hal yang paling sering anda lakukan adalah aktivitas yang memang paling gue banget
  3. Buatlah review tentang aktivitas anda dan temukan hal yang menarik penyebab anda menyukai aktivitas tersebut
  4. Buatlah project mandiri berkenaan dengan hal yang anda sukai tersebut

 

Belanja Ide

  1. Ketika anda berkunjung ke media social feed semacam apa yang membuat anda tertarik untuk melihatnya
  2. Cobalah konfirmasi diri, Hal apa yang membuat anda tertarik pada feed tersebut. Mungkin ceritanya, fotonya, atau dari sisi bagaimana hal tersebut dibuat
  3. Cari ilmunya lalu Challenge diri membuat hal yang serupa dalam versi anda
  4. Libatkan Ananda dalam Aktivitas bahagia Bunda

So bunda semua segera ciptakan bahagia nya dalam versi masing-masing disaat ini, setidak-tidak nyamanya kondisi kita saat ini kita tetap masih punya kesempatan untuk memilih bahagia dan produktif

Sekian Sharing kelas berbagi IIP pada jumat 17 April 2020 Semoga bermanfaat

Salam hangat

Sali Saputra ^_~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa di bantu?