Piramida Institute Ibu Profesional

 Piramida Institute Ibu Profesional

kali ini saatnya memasuki Wahana Diving (menyelam) dimana wahana ini merupakan wahana terakhir di paket wisata ceria pulau cahaya bunda sayang pada kelas pra bunda sayang batch#6

berikut dibawag ini ulasan jg poin kematerian yang di dapat dari tour gade pada hari selasa 28 agustus 2020 kemarin

1. Kerangka Berpikir

Kerangka berfikir adalah suatu  model atau gambar dalam bentuk konsep yang menjelaskan hubungan antara satu variable dengan variable lainnya, kerangka berfikir biasanya berbentuk diagram atau skema agar memudahkan dicapainya pemahaman akan sesuatu. Berfikir dirumuskan secara deduktif atau mengambil kesimpulan dari hal yang sifatnya umum ke sifatnya khusus untuk di capai penyimpulan akan suatu konsep. Berikut proses bagaimana mencapai kerangka berpikir:

Melihat realita dan memahami pengalaman hidup—–> membentuk ide dan kesimpulan—–> membentuk kerangka berpikir

Kerangka berfikir yang baik-benar-bermanfaat akan memebentuk perilaku yang baik, benar bermanfaat dan mulia

Kerangka berfikir ini bertujuan merevitalisasi makna seorang ibu rumah tangga, seorang Ibu rumah tangga pada umumnya di masayarakat dipandang sebelah mata, dianggap tidak dapat memberikan prestasi maupun konstribusi di ranah public. Sebagian besar beraktivitas dirumahsaja dianggapnya tidak memberikan kiprah dimasyarakat bahkan  dianggap sebagai seorang pengangguran. Padahal kenyataanya seorang ibu rumah tangga adalah madrasah utama dan pertama yang merupakan pusat awal mula terlahirnya sebuah peradaban. Sebuah peradaban yang gemilang tentunya lahir dari sosok  ibu yang terdidik, senantiasa mau belajar, mau mengembangkan diri serta dapat mendidik anak dengan baik.

Berikut quote dari Pa dodik maryanto selaku konseptor di ibu profesional:

2. Piramida Ibu Profesional

Pada tahun 2008 pa dodik maryanto mengenalkan istilah ibu profesional dengan kerangka berfikir berbentuk piramida ada bagian atas dan piramida bawah, piramida atas melambangkan output seorang ibu yang professional dan piramida bawah adalah sarana belajar yang ada di ibu professional pada lambang kedua piramida bertumpu di satu titik yakni akhlak mulia

  • Revitalisasi makna ibu diperankan oleh institute ibu profesional
  • Jaringan kemandirian perempuan di perankan oleh sejuta cinta dan kipma
  • Pengembangan saran di ibu profesioanal diperankan oleh komunitas ibu professional
  • Pelatihan ibu professional di perankan Recource Center Ibu Profesional

Dengan harapan Semua ibu di ibu profesional akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri yang terus menerus belajar untuk bertumbuh dengan output di piramida atas

Sampailah pada bagian game Menyelami diri sendiri:

  • Gambaran diri sendiri

Sesaat sebelum berada di ibu professional kondisi sedang dalam kondisi powerless dimana 2017 awal mula memutuskan pindah kuadran peran dari ibu bekerja ( bekerja di ranah publik)  menjadi ibu rumah tangga (bekerja di ranah domestic) ada nada banyak suara sumbang yang menyayangkan ijazah sarjana hanya di rumah saja, masa bakti mengajar yang sudah hampir 9th di tekuni terlebih lagi di jurusan matematika jarang sekali sepi job mengajar, selalu saja banyak tawaran mengajar baik di instansi formal maupun di informal. Diantara kebisingan suara sumbang itu yang sama halnya tak pernah sepi terdengar di telinga namun demi menjalani peran ibu seutuhnya dan bakti pada suami tercinta yang senantiasa mendukung penuh akhirnya mantap memberanikan diri menjadi ibu rumah tangga.

Begitulah gambaran diri sebelum berada di institute ibu profesional. Menjadi pribadi yang Masih saja selalu ada terlintas perasaan gamang, powerless dan sering melirik suara-suara sumbang, tak jarang ada perasaan sedih juga takut mengecewakan ke dua orang tua yang sudah berjuang menyekolahkan diperguruan tinggi namun pada akhirnya mengambil keputusan di rumah saja.

  • Gambaran diri ketika berada di IIP

Saat bertemu dengan IIP seperti punya kekuatan dan semangat baru, layakna memiliki rumah dan keluarga baru di IIP saya punya media untuk terus bertumbuh berkontribusi memebar dan berbagi manfaat lebih luas lagi dengan para ibu di seluruh pelosok negeri dengan tidak perlu meninggalkan sang buah hati, yang pada akhirnya saya bergabung di kelas matrikulasi ibu profesional batch 7 pada tahun2019 dan saya saat ini tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan lebih bahagia menjalani peran sebagai seorang ibu rumah tangga yang juga ikut aktif mengambil peran di kepengurusan Himpuan Mahasiswa ibu profesional bandung.

ibu profesional bandung
  • Tujuan yang diperjuangkan untuk kedepannya

Memantaskan diri menjadi ibu yang mendampingi anak-anak hebat, senantiasa menerapkan core value ibu profesional dan kareakter moral ibu professional. Mengikuti seluruh tahap ilmu di perkuliahan  institute ibu professional.

  • Kesamaan diri dengan IIP

Tujuan saya menjalani peran sebagai seorang ibu yang lebih baik lagi  bisa say dapatkan Di institute ibu profesional dengan out put percaya diri, hebat mengelola keluarga, mampu mendidik anak dengan baikdan terus mengembangkan diri artinya saya memiliki kesamaan dalam hal misi meningkatan peran keibuan dengan IIP.

Sumber:

Materi “Pramida IIP” Video LiveFB group Kelas bunda sayang batch #6  oleh Maria Ulfah pukul 16:00 -17.00

#ibuProfesional #ibuProfesionalBandung #kelasprabusaybatch6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *