Daftar Menu Seminggu Untuk Keluarga

Daftar Menu Seminggu Untuk Keluarga

Pada kesempatan kali ini izinkan saya sedikit bercerita terlebih dahulu sebelum kita bahas bagaimana membuat daftar menu seminggu untuk keluarga. singkat cerita selama hampir 6th menikah dulu saya lebih suka beli bahan masak harian di warung-warung kecil atau di tukang sayur yang  lewat bahkan sering jg beli jadi.

Belum kepikiran beli mingguan karena saya pikir lebih enak beli harian bahan masak sehari habis jadinya fresh terus, qudrotulloh di pernikahan memasuki tahun ke 5 tepatnya di sekitar bulan desember 2018 lima bulan selepas ibu meninggal Allah perjalankan saya memiliki ibu sambung yang memiliki usaha warung makan dan masakan sunda.

Dengan jam terbang yang lumayan cukup lama serta sudah memiliki 4 karyawan mulai dari situ mulai semakin bertambah pengetahuan tentang mengolah makanan enak, sehat, hemat.

Januari 2019 qudrotulloh pula bisa ikut perkuliahan dari institute ibu professional (IIP) yang baru bisa terlaksana setelah batch sebelumnya kehabisan quota disana diajarkan tentang gambaran seorang bunda cekatan yang pandai mengelola waktu termasuk dalam hal memasak mesti menjadi sesuatu hal yang efektif efisien apalagi bagi ibu yang tidak memakai asisten.

Salah satunya dengan cara membuat “Jadwal Masak Seminggu” pusingnya sehari tapi dalam seminggu kita udah ga akan bingung dan tidak akan bertanya-tanya besok masak apa lagi ya? Sama seperti yang saya alami sendiri dulu, dari situ mulai mendapatkan berbagai referensi dari berbagai sumber internet, social media mengenai mengenai bagaimana menyiapkan menu masakan dalam seminggu serta bagaiamana membuat daftar menu mingguan sederhana yang dikenal dengan istilah food prep.

Karena satu lain hal Baru di bulan agustus 2019 langsung memulai mempraktekan metode ini dan mulai belanja kepasar pertama memulai saya terlebuh dahulu ikut belanja bareng ibu sambung saya sekalian beliau belanja untuk keperluan usaha warung makan, sekalian saya meminta referensi beliau karena tentunya beliau lebih berpengalaman mengenai harga-harga dipasar dibanding saya yang masih terbilang newbe belanja di pasar.

Jam buka pasar masih sangat pagi (dini hari) dan beliaupun sudah punya tempat-tempat referensi langganan belanja di pasar yang harganya paling hemat dan alhamdulilah setelah memprektekan mandiri kurang lebih dalam keurun waktu 5 bulan berjalan artinya kurang lebih 20x mempraktekan foodprep.

Iini saya menemukan pola yang paling hemat menurut versi saya membuat list belanjaan ibu rumah tangga serta membuat daftar menu masakan sehari-hari yang sederhana dalam seminggu yang disesuaikan dengan harga bahan baku makanan di daerah masing-masing yang tentunya terkadang harga-harga nya berbeda dan terkadang harganya naik turun tergantung moment tertentu dan musim panen. Dan Alhamdulilah pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya langsung dalam bentuk tulisan.

Ini adalah contoh real contoh list belanjaan ibu rumah tangga versi belanja mingguan saya di pasar jangan lupa pilih bahan makanan yg tetap memenuhi kategori dan kebutuhan gizi sehat lengkap ada protein nabati, protein hewani, sayur, buah, vitamin& mineral jg karbohidrat.

SELASA, 31 DES 2019

DAFTAR BELANJA UNTUK SEMINGGU

uang 300 ribu untuk 1 bulan

  1. Paha Ayam 1/2kg : Rp 15.000
  2. Cumi-Cumi Kering 1ons : Rp 12.000
  3. Asin Sepat Kecil : Rp 4.000
  4. Kulit Kikil sapi 2ons : Rp 5.000
  5. Jamur Kancing 1/4kg : Rp 8.000
  6. Tempe 2 potong : Rp    2.500
  7. Kacang Hijau : Rp 5.500
  8. Cabe Gendot 1/4kg : Rp 7.000
  9. Cabe Rawit Hijau : Rp 2.000
  10. Kecambah Tauge 1/4kg : Rp 2.000
  11. Brokoli Hijau 1/2kg : Rp 7.000
  12. Sosin (Sawi Hijau) : Rp 2.000
  13. Pakcoy 3 ikat kecil : Rp 3.000
  14. Wortel 2 bks : Rp 3.000
  15. Terong Ungu 1bks : Rp 2.000
  16. Bawang Merah 1/4kg : Rp 7.000
  17. Petai 3 Papan : Rp 5.000
  18. Tahu 4 bks : Rp 10.000
  19. Mie Gepeng 2bks : Rp 4.000

  Total      : Rp 106.000

Dibawah ini daftar menu masakan sehari-hari yang sederhana dalam seminggu :

 DAFTAR MENU HARIAN

  1. Masak Hari pertama (Selasa 31 Desember 2019)

Menu

  • Kwetiaw Mie Kikil Goreng Kecap
  • Bubur Kacang Hijau
  • Tumis Tahu Pakcoy Saos Teriyaki

daftar menu seminggu untuk keluargadaftar menu masakan sehari hari yang sederhana dalam seminggumenu masakan seminggu

 

  1. Masak hari kedua, rabu 1 Januari 2020

Menu

  • Tumis Tempe Kecap Rempah (salam, serai daun jeruk)
  • Terong Crisphy
  • Tumis Tahu Kecambah Tauge bumbu lada hitam
  • Ayam Mini Crisphy (bahan dada ayam iris kecil ga beli ada sisa stok belanja minggu sebelumnya)

resep masakan rumahan murah meriahresep masakan lauk pauk sehari hari

menu masak harianmasakan simple dan murah

  1. Masak Hari ke tiga, kamis 2 januari 2020

Menu

  • Tumis wortel Brokoli Saos Teriyaki
  • Tahu Goreng Bumbu
  • Goreng Asin Sepat
  • Sambel
  • Lalap Timun

menu hemat sehari hari masak dengan uang 10 ribu

resep masakan budget murah menu masakan simpel

menu masak 1 minggu

  1. Masak Hari Ke empat, Jumat 3 Januari 2020

Menu

  • Tumis Tahu Pakcoy Jamur Saos Lada Hitam
  • Terong Crisphy
  • Tempe Goreng Bumbu Ketumbar

resep menu sehari hari menyiapkan menu seminggudaftar menu makanan sehari hari

  1. Masak Hari Ke lima, Sabtu 4 Januari 2020

Menu

  • Oseng Mie Sayur kikil
  • Oseng Cumi Pedas bumbu Petai
  • Sisanya jajan bakso langganan

inspirasi masak sehari haridaftar menu makanan sehat untuk 1 minggu

 

  1. Masak hari Ke enam, minggu 5 Januari 2020

Menu

  • Tumis Jamur kancing Saos Teriyaki
  • Oseng wortel Brokoli Saos Lada Hitam
  • Camilan Ruzak serut

menu masakan hemat sehari harimenu diet sederhana dan murahmenu hemat untuk keluarga

 

  1. Masak Hari Ke tujuh, senin 6 Januari 2020

Menu

  • Tumis Tahu Pakcoy Kecambah Saos Teriyaki
  • Paha Ayam Bumbu Merah
  • Oseng Cumi Kikil Pedas Bumbu Petai

menu 1 minggumenu sederhana sehari hariuang belanja sehari 20 ribu

 

*Daftar menu ini Untuk Satu Keluarga dengan Empat Orang Anggota: Ayah, Ibu, Dua Orang Anak [5th dan 2th])

Catatan:

Dari menu makan harian yang disajikan diatas belum termasuk makan cemilan buah-buahan rata-rata dalam seminggu beli buah-buahan kurang lebih 50rb-an pilihan variant biasanya disesuaikan dengan buah yang sedang musim  supaya harganya lebih hemat untuk periode minggu ini buah-buahan yang dikonsumsi buah salak dalam seminggu habis 4,5 kg karena lagi musin jadi harganya murah 5000/kg total 25.000, buah naga 1kg untuk di buat jus dalam seminggu total 10.000, mangga 1kg total 8.000 untuk camilan rujak, rambutan 1 ikat total 7000, pisang 1kg total 5.000 Total semua belanja buah-buahan dalam seminggu 55.000 jg belum termasuk jajan anak.

menu makan sehat seminggu

Berikut tips cara menghemat uang belanja 100 ribuan untuk seminggu yang saya praktekan:

  1. Siapka daftar menu masakan sehari-hari yang sederhana dalam seminggu
  2. Buat List belanjaan ibu rumah tangga terlebih dahulu seperti contoh saya diatas lengkap dengan perkiraan harga (di disini dituntut pengetahuan update daftar harga-harga bahan masakan di pasar)
  3. Pilihlah Belanja di pasar dini hari yang buka dari pukul 02:00-06:00, kenapa mesti pilih belanja ke pasar dini hari karena harganya lebih murah dari pada belanja di pasar siang, belanja di warung ataupun belanja di tukang sayur keliling. Selain harga lebih murah pilihanya pun lebih banyak dan masih pada seger-seger berikut rincian bahan belanjaanya,
  4. Siapkan beberapa wadah khusus untuk makanan yang lengkap dengan tutupnya dengan berbagai ukuran biasanya di tempat-tempat belanja online suka jual satu set dari berbagai variant ukuran lengkap. Upayakan yang tutupnya kedap udara sehingga menjaga keawetan makanan lebih lama
  5. Tata dengan rapi makanan hasil belanjaan di wadah tertutup yang disediakan dengan tanpa di cuci terlebih dahulu, ini berfungsi menjaga keawetan bahan makanan agar tidak mudah busuk dicucinya nanti saja tiap kali hendak di olah untuk dimasak.
  6. Setelah selesai ditutup rapi masing-masing bahan makanan dalam wadah tata dan susun rapihdi dalam kulkas pisahkan bahan protein hewani atau daging-dagingan di bagian freezeer
100 cara untuk menghemat uang anda
Daftar Menu Seminggu Untuk Keluarga

Sekian sharing saya kali ini semoga bermanfaat buat teman teman semua terkhusus para ibu rumah tangga yang ingin hemat uang belanja. Moto ibu-ibu Kalau bisa belanja lehih hemat kenapa mesti pilih yang mahal ya, jadinya uang sisa belanja nya kan jadi bisa ditabung atau digunakan untuk keperluan lain yang bermanfaat

Betul ? betul ? betul?

Terimakasih sudah menyempatkan berkunjung dan baca web saya http://bisnishebatbunda.com

Salam hangat

Sali Saputra ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *