Cara Mengajar Matematika Anak SD yang Menyenangkan

Cara Mengajar Matematika Anak SD yang Menyenangkan

Sudah Bukan rahasia lagi jika mata pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang bagi sebagian besar orang kurang diminati dan disukai bahkan ditakuti. Selain karena dianggap pelajaran yang sulit, cara mengajarkan matematika yang salah dan kurang tepat adalah alasan kenapa anak terutama di usia SD kurang menggemari materi yang membahas hitungan ini.

Sebagai orang tua kita bisa membantu si kecil belajar matematika ini dengan cara yang menyenangkan di rumah. Berikut beberapa  Tips mudah supaya belajar matematika jadi lebih menyenangkan :

  1. Pakailah Bahan Ajar yang Bisa diraba dan Disentuhnya

Untuk materi matematika kelas 1 SD, hal paling pertama kali yang biasanya diperkenalkan kepada mereka ialah mengenai mengenal nama bilangan dan lambang bilangan. Dalam menghafal gunakanlah kartu angka dengan variasi warna-warni supaya suasana belajar terasa lebih interaktif. Contoh yang lain Kita juga bisa mengajak si kecil menebak berapa jumlah balok di dalam kotak misteri yang sudah disiapkan. Atau juga kita ajak anak menghitung jumlah benda-benda sekitar semisal menghitung jumlah gelas, jumlah piring, jumlah buku dan lain-lain.

  1. Ajak Anak Bercerita dengan Matematika

Memasuki tingkat 2 SD, materi matematika semakin sulit karena melibatkan sistem operasi sederhana penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian. supaya materi perhitungan lebih asik dan menyenangkan, lakukan sambil bercerita. Saat mengajarinya materi pembagian, gunakan contoh kongkrit misal salah satu contoh cerita ada satu Loyang kue yang hendak dimakan oleh seluruh anggota keluarga lalu berapa buah yang bisa didapatkan masing-masing anggota keluarga di rumah hingga semuanya kebagian? Nah cerita seperti ini adalah konsep penerapan pembagian dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Upayakan Anak Terlibat Aktif

Anak-anak pada dasarnya sanagt suka mempelajari sesuatu yang dekat dengan dirinya (kepo pada hal-hal yang ada di sekitarnya). Di kelas 3 SD materi matematika mulai memasuki penghitungan uang, pengukuran waktu hingga panjang dan berat. Kita sebagai orang tua bisa membuat soal cerita dengan menggunakan nama anak langsung dan nama teman-temannya. kita juga bisa memberikan contoh mini kasus nyata yang ia alami langsung misalnya tentang uang jajan atau berapa lama waktu yang dia habiskan di sekolah bisa dilakukan dengan mini drama main peran orang tua sebagai penjual dan anak sebagai pembeli lakukan juga dengan bergantian peran hingga anak paham dan bisa melakukannya dengan benar misal target pencapaian tidak salah lagi menghitung kembalian uang jajan.

Ini juga bagus : Cara Mengajar Anak SD

  1. Gunakan Objek yang Nyata

Saat memasuki tingkat 4 SD, pelajaran mengenai bangun ruang dan bangun datar ialah materi yang bisa diajarkan sambil bermain. Kita ajak anak mempelajari luas bangun dan ruang sembari menunjukkan objek-objeknya secara langsung di lingkungan sekitar rumah contoh kita gunakan dus bekas pasta gigi untuk mengenalkan objek persegi panjang lalu memahami konsepnya. Pemahaman konsep yang kuat dengan dibantu contoh nyata di sekitar akan membuat anak lebih cepat mengerti materi pembelajaran.

  1. Cari Materi Secara Online

Dengan kemajuan teknologi, menemukan materi pembelajaran yang menarik bisa dengan mudah kita dapatkan di internet termasuk juga untuk mata pelajaran matematika. Ada Banyak referensi contohnya  di you tube  ada berbagai permainan interaktif yang sangat menyenangkan untuk anak yang kita bisa aplikasikan di rumah, pilih dan sesuaikan dengan kemampuan anak.

  1. Memotivasi anak dan mengenalkan manfaat besar belajar matematika

Penanaman mindset yang tepat pada anak akan berdampak besar terhadap paradigma atau cara pandang anak terhadap mata pelajaran matematika tersebut, sehingga sangat penting untuk memberikan motivasi maupun inspirasi yang bisa membangkitkan semangat dan gairah anak untuk belajar matematika.

Diantaranya mensugesti anak bahwasanya matematika bukanlah rintangan yang sulit untuk dilalui melainkan sebuah tantangan yang siap untuk ditaklukkan, dengan begitu anak menjadi lebih termotivasi untuk belajar matematika.

Salah satu contoh tadi misal dalam materi bilangan dan mengitung operasi penjumlahan dan pengurangan sederhan dalam kehidupan sehari hari ada pada kegiatan jual beli, ambil contoh jika anak jajan dan bawa uang yang mesti ada kembalian itu menggunakan konsep pengurangan sederhana jika kita pandai mengurangkan dan menambahkan maka tidak akan salah kembalian uang, Karena kita tau berapa rupiah jumlah kembalian dari uang jajan yang kita punya jelaskan juga nantinya kita terhindar dari pegagang yang hendak menipu uang kembalian yang tidak sesuai.

Demikian tips mengajar matematika yang menyenangkan pada Anak SD berdasarkan pengalaman penulis dalam mengajar matematika. Semoga bermanfaat buat orangtua juga para guru.

 

Salam hangat

Sali Saputra  ^_~!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa di bantu?